Mau Tahu Cara Menggunakan Test Pack Agar Hasilnya Akurat?

cara menggunakan test pack

PrimaBerita – Cara menggunakan test pack atau alat tes kehamilan memang terkesan cukup mudah. Namun tahukah anda bila penggunaan test pack yang tidak tepat dapat mempengaruhi keakuratan hasil? Oleh sebab itu penggunaan test pack memang harus benar-benar diperhatikan.

Sebelum kepada cara kerja test pack, perhatikan dulu beberapa jenis test pack. Karena beda jenis, beda pula cara penggunaannya. Ada test pack yang harus menggunakan wadah urine serta alat strip dan sebaliknya ada jenis test pack tanpa harus menggunakan wadah.

Cara Menggunakan Test Pack

Untuk test pack tanpa wadah, anda bisa menggunakannya secara langsung. Teteskan urine pada ujung alat yang sudah bertanda. Kemudian tunggu beberapa saat, hasilnya garis atau simbol.

Tapi bila alat tes kehamilan yang anda pakai menggunakan wadah maka anda harus menampung urine anda terlebih dahulu. Kemudian barulah anda celupkan alat tes ke dalam wadah yang sudah berisi urine tersebut. Tunggu beberapa detik untuk memperoleh hasil. Garis satu dari test pack menujukkan hasil yang negatif sementara garis dua berarti positif hamil.

Meski begitu apabila hasilnya negatif hamil tetapi anda masih belum haid juga, anda bisa mencobanya kembali seminggu kemudian. Sebab bisa jadi yang menjadi hal penyebabnya ialah oleh karena sedikitnya hormon hCG dalam urine.

Kendati demikian, sebelum menggunakan test pack pastikan pula sudah membaca semua aturan pakainya. Lihat juga tentang tanggal kadaluwarsa hingga kepada kondisi test pack yang anda beli. Jika salah satu test pack membuat anda ragu maka tak ada salahnya untuk mencoba lagi test pack baru yang lain.

Menurut pakar kebidanan dan ahli kandungan, anjuran waktu penggunaan test pack yang lebih efektif sebaiknya adalah pagi hari. Atau lebih tepatnya menggunakan urine pertama sesaat setelah bangun tidur. Hal ini karena urine pada waktu tersebut mempunyai kadar hCG paling tinggi. Sehingga hasil yang akan muncul pada test pack diharapkan semakin akurat.

Selain itu anda juga bisa menggunakan alat tes kehamilan ini sesudah terlambat datang bulan (haid). Hormon hCG biasanya akan berkembang semakin banyak setiap 2 hingga 3 hari pertama kehamilan.

Add a Comment