Jangan Buru-buru Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas Untuk Hal Ini

PrimaDaily – Umumnya kantung teh bekas langsung dibuang ke tong sampah. Namun ternyata anda bisa memanfaatkannya kembali untuk berbagai hal. Apa saja? Berikut ulasannya.

Menyadur dari Bobvila, ada ragam hal yang dapat anda lakukan dengan kantung teh yang sudah tak terpakai lagi.

Rendam peralatan makan yang mempunyai noda minyak membandel dengan kantung teh bekas pakai ketika akan mencuci. Biasanya peralatan makan yang banyak bisa membutuhkan kurang lebih 1 lusin kantung teh. Anda bisa mengisi bak pencucian piring dengan air panas lalu masukkan kantung teh tersebut. Rendamlah peralatan dapur anda dalam wadah tersebut.

  • Memoles Permukaan Kayu

Lantai kayu atau mebel bisa mengilau kembali dengan memanfaatkan kantungan teh bekas. Caranya dengan menggosokkannya saja terhadap permukaan. Akan tetapi kantungan teh harus lembab saat menggosok. Dengan kata lain jangan sampai kantung teh kuyub karena justru dapat merusak kayu.

Lihat Pula: Belum Banyak yang Tahu, Ini Fungsi Lightstick K-pop

  • Mengusir Bau Kurang Sedap

Kantongan teh bekas juga berfungsi dalam mengusir bau tak sedap dalam kulkas. Caranya sangat mudah yaitu dengan meletakkan kantung teh bekas dalam sebuah mangkuk atau wadah kecil lainnya. Simpan pada bagian belakang kulkas.

  • Menyuburkan Tanaman

Teh celup bekas bisa anda manfaatkan sebagai pupuk organik bagi tanaman yang membutuhkan banyak kandungan acidic oil. Tanaman tersebut seperti pakis, bunga mawar, serta berbagai macam tanaman gantung lainnya. Tapi selain itu kantung teh yang sudah selesai pakai juga dapat membantu merangsang pertumbuhan tanaman lantaran bubuk teh memiliki kandungan tannin serta nutrisi lainnya.

Untuk pengaplikasian, anda cukup meletakkan beberapa teh celup bekas pada lubang drainase sepanjang bagian dasar pot. Ataupun mengobinasikannya dengan tanah agar tanaman lebih subur.

  • Membersihkan Sepatu Kulit yang Sudah Lama Tak Terpakai

Manfaatkan kantung teh yang sudah lama tak terpakai untuk sepatu kulit anda. Gosokkanlah kantung teh bekas basah ke bagian permukaan sepatu agar kotoran yang menempel dapat terangkat. Kemudian selesaikan dengan mengelap sepatu dengan kain bersih dan lembut agar sepatu kinclong kembali.

Sumber artikel: Primadaily.comJangan Buru-buru Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas Untuk Hal Ini.

Add a Comment