Ini Janji Erick Thohir Soal Vaksin Corona

Ini Janji Erick Thohir Soal Vaksin Corona

PrimaBerita – Janji Erick Thohir soal vaksin corona pada tahun mendatang yakni vaksin telah tersedia sebanyak 300 juta dosis. Karena pada saat ini pemerintah masih memperoleh vaksin sebanyak 30 juta dosis vaksin.

“Insya Allah,di akhir tahun ini ada 30 juta (dosis) dan di tahun depan ada 300 juta. Tetapi sebagai catatan, dari total kita dapatkan 330 juta mungkin 340 juta,” kata menteri BUMN sekaligus ketua pelaksana komite penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Hal tersebut Erick sampaikan dalam acara dies natalis daring yang ke-63 tahun Unpad, jumat (11/09/2020). Menurut Erick, sejak awal pemerintah juga sudah melakukan penajajakan dengan lembaga-lembaga kesehatan. Seperti CEPI, WHO hingga Unicef.

Lihat Juga: Dokter Spesialis Anak Meninggal Dunia, IDI Kembali Berduka

Berikut janji menteri BUMN Erick Thohir soal vaksin corona.

1. Terus Cari Tambahan Vaksin

Untuk memenuhi kebutuhan vaksin virus corona (covid-19) dalam negeri, pemerintah akan terus melakukan setiap upayanya. Dan untuk saat ini pemerintah telah memperoleh 30 juta dosis vaksin covid-19 untuk akhir tahun. Namun meskipun demikian, pemerintah akan terus melakukan penjajakan ke lembaga-lembaga maupun perusahaan. Sebab jumlah vaksin masih belum cukup untuk menggelar imunisasi secara massal.

2. Janji Sediakan 300 Juta Dosis Vaksin

Erick menuturkan kalau pemerintah akan memastikan jumlah vaksin yang tersedia pada tahun mendatang yaitu sebanyak 300 juta dosis. Adapun vaksin tersebut dapat terperoleh dari hasil kerjasama pemerintah RI dengan beberapa BUMN bidang farmasi dan sejumlah instansi farmasi mancanegara lainnya.

Seperti kerjasama yang telah terjalin antara PT Bio Farma (Persero) dengan pihak Sinovac Biotech dari negara Tiongkok. Sinovac berkomitmen untuk menyediakan sebanyak 20 juta dosis vaksin covid-19 pada akhir tahun 2020. Dan hal tersebut bila uji klinis tahap III berjalan dengan lancar.

Untuk tahun 2021 yang akan datang, 250 juta dosis akan diproduksi lagi untuk Indonesia. Sementara itu PT Kimia Farma juga telah melakukan kerjasamanya dengan Grup 42 dari Uni Emirat Arab (UEA).

Add a Comment