Ini 7 Makanan Terbaik Untuk Penderita Hipertensi

PrimaBerita – Penderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi harus mengonsumsi makanan terbaik serta menerapkan pola hidup yang sehat. Hal tersebut berguna untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi merupakan kondisi saat tekanan darah sistolik lebih dari 130 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 80 mmHg.

Kemudian, jika kondisi tekanan darah ini tidak anda kontrol, maka dapat menyebabkan kerusakan pada sepanjang pembuluh darah dan organ-organ tubuh seperti jantung, ginjal, dan otak.

Berikut makanan terbaik untuk penderita Hipertensi :

1. Jeruk

Keluarga buah jeruk memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Selain itu, buah jeruk tinggi akan vitamin, mineral, dan senyawa yang dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Salmon dan ikan berlemak

Salmon dan ikan berlemak lainnya merupakan sumber yang baik untuk asam lemak omega-3. Omega 3 merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar senyawa penyempit pembuluh darah.

Studi menunjukkan, asupan ikan berlemak kaya omega-3 dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

3. Biji labu

Biji labu memiliki nutrisi yang terkonsentrasi seperti magnesium, kalium, arginin, dan asam amino yang semuanya mampu mengontrol tekanan darah. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara merebus atau mengolah dengan mengambil minyaknnya. Minyak biji labu juga bisa anda gunakan sebagai obat alami untuk tekanan darah.

4. Kacang dan lentil

Kacang dan lentil kaya akan nutrisi yang mengatur tekanan darah, seperti serat, magnesium, dan kalium. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan dan lentil dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik yang tinggi seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan sehingga dapat mengontrol tekanan darah. Kandungan wortel mentah lebih baik dibandingkan yang terlalu matang untuk menurunkan tekanan darah

6. Seledri

Seledri juga memiliki efek positif pada tekanan darah dan senyawa yang disebut phthalides. Senyawa ini dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

7. Tomat

Tomat kaya akan nutrisi potasium dan pigmen likopen karotenoid. Likopen dkaitkan dengan kesehatan jantung secara signifikan. Studi menyimpulkan, konsumsi tomat meningkatkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung serta kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Sumber artikel: Primadaily.comIni 7 Makanan Terbaik Untuk Penderita Hipertensi.

Add a Comment