Ini 5 Hal yang Membuat Anjing Menjadi Agresif

PrimaDaily – Jika anda memiliki perliharaan yang merupakan seekor anjing namun ia menunjukan sikap agresif. Ada hal yang perlu anda ketahui yang membuat anjing menjadi agresif. Sikap agresif misalnya menggeram, menggertas dan menunjukkan giginya yang tajam.

Sebaiknya segera tangani sebelum semakin sulit untuk menghilangkan sikap agresif tersebut kemudian hari. Bukan tak mungkin ia justru semakin parah dan menyerang anjing lain atau bahkan manusia.

Salah satu langkah paling penting dalam mengatasi anjing yang agresif adalah menemukan penyebabnya. Mengetahui pemicu sikap agresif ini akan membantu anda menemukan solusi yang tepat.

Berikut 5 hal yang membuat anjing anda menjadi agresif

1. Penyakit tertentu

Penyakit atau rasa sakit pada bagian tertentu bisa membuat anjing bersikap agresif terhadap manusia dan anjing lain. Jika anjing anda yang biasanya lembut dan penyayang tiba-tiba mulai menggeram, mudah marah, dan menggigit, mungkin ia sedang sakit. Rasa sakit itu pun ia lampiaskan dalam bentuk agresivitas.

Tumor otak, penyakit kelenjar, dan rabies adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan sikap agresif pada anjing. Segera konsultasikan kepada dokter hewan pilihan anda.

2. Rasa takut untuk mempertahankan diri

Seekor anjing hanya menampilkan sikap agresif jika ia merasa terancam dan tidak bisa melarikan diri. Oleh karena itulah ia menampilkan sikap agresif dan mencoba membela dirinya.

Ketika anjing merasa terpojok dan tidak bisa melarikan diri, ia akan menunjukkan sifat garangnya untuk mempertahankan diri.

3. Posesif/Ingin menguasai objek tertentu

Agresi posesif muncul ketika anjing anda merasa posesif atas makanan, mainan, tempat tidur, atau berbagai hal lainnya. Anjing yang merasakan agresi semacam ini akan menggeram jika seseorang mendekati piring makanannya atau mainan kesukaannya.

Pada tahap yang akut, anjing bahkan bisa menyerang dan menggigit tamu yang masuk ke dalam rumah anda karena ia merasa bahwa rumah anda adalah teritorinya.

4. Untuk menetapkan dominasi

Anjing juga menunjukkan sikap agresif untuk menetapkan dominasi. Ini biasanya berlaku untuk anjing lain. Namun, bukan mustahil terjadi pula terhadap manusia.

Anjing yang bersikap begini merasa berkuasa dalam rumah. Mereka akan mulai menggeram, menggertak, dan menggigit.

5. Frustrasi akan melampiaskan kemarahannya

Rasa frustrasi sebagai redirected aggression atau barrier frustration terjadi ketika anjing merasa frustrasi karena tidak bisa mendapatkan sesuatu, dan ia pun melampiaskan rasa frustrasinya ke hal lain. Agresif seperti ini biasanya terjadi pada anjing yang terlalu sering diikat atau dikekang.

Sumber artikel: Primadaily.comIni 5 Hal yang Membuat Anjing Menjadi Agresif.

Add a Comment