Cara Sembunyikan Status ‘Online’ pada WhatsApp

PrimaDaily – Jika anda malas membalas chat orang lain, anda bisa sembunyikan status online anda pada WhatsApp. Terkadang anda butuh waktu untuk membalas chat orang lain karena memiliki alasan tertentu pastinya.

Jika anda merasa terganggu dengan fitur status online tersebut, ada sejumlah cara yang bisa anda coba untuk menyembunyikannya.

Berikut cara sembunyikan status ‘online’ pada WhatsApp

1. Ketahui perbedaan antara “online” dan “last seen”

Status “online” biasa tampil ketika seseorang sedang aktif mengakses WhatsApp atau ketika aplikasi tersebut terbuka sebagai background app pada smartphone.

Status “online” tidak selalu menunjukkan bahwa orang tersebut sedang membuka chat dari kita. Orang yang online bisa jadi sedang membaca chat lain, membuka Settings di WhatsApp. Atau mungkin tidak sengaja meninggalkan aplikasi tersebut dalam keadaan terbuka padahal sedang tidak memegang smartphone.

Sedangkan “last seen” memiliki arti bahwa seseorang tidak sedang membuka WhatsApp. Namun di sana tertera kapan waktu aktif terakhir orang tersebut. Misalnya, “last seen 08.45”. Ini artinya ia terakhir membuka WhatsApp pada hari ini pukul 08.45.

2. Mulailah dengan menyembunyikan “last seen”

Ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Masuk ke WhatsApp, kemudian masuklah ke Settings;
  2. Pilih menu Account kemudian klik Privacy;
  3. Pada menu Last Seen, pilih Nobody jika kamu tak ingin siapapun bisa melihat status tersebut.

Banyak yang mengira bahwa pengaturan ini bisa menyembunyikan status “online”. Namun sebenarnya tidak. Setelan ini hanya bekerja untuk menyembunyikan “last seen”. Orang lain tetap bisa melihat ketika anda sedang aktif mengakses WhatsApp.

3. Sembunyikan centang biru

Menyembunyikan centang biru akan membuat orang lain tidak tahu apakah kamu sudah membaca chat mereka atau belum. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut ini:

  1. Masuk ke WhatsApp, klik Settings;
  2. Klik Account, kemudian masuk ke Privacy;
  3. Klik toggle di samping Read Receipt hingga berwarna abu-abu, tidak hijau seperti sebelumnya.

Perlu diketahui jika anda menonaktifkan read receipt, anda juga tidak bisa mengetahui apakah orang lain sudah membaca chat anda atau belum. Jadi, setelan ini berlaku secara dua arah.

4. Matikan aplikasi dan aktifkan airplane mode

Jika anda sedang tidak ingin terganggu, anda bisa mencoba trik yang satu ini. Anda harus keluar dan menutup aplikasi tersebut sepenuhnya. Caranya adalah dengan fitur kill app atau bahkan force close.

Setelah itu, aktifkan airplane mode pada smartphone anda. Ketika anda melakukan trik ini, status WhatsApp akan kosong sampai anda membukanya lagi dengan terhubung koneksi internet.

Konsekuensinya, anda tidak akan mendapatkan notifikasi chat masuk ataupun membacanya. Jadi lakukan cara ini ketika anda sedang tidak membutuhkan WhatsApp saja.

5. Cara tetap bisa membaca chat tanpa ketahuan sedang online

Cara untuk tetap membaca chat tanpa ketahuan bahwa anda sedang online. Ada beberapa trik ampuh yang bisa anda coba. Berikut ini di antaranya:

  • Melalui notification drawer pada menu drop down smartphone anda;
  • Ketika anda mengaktifkan airplane mode;
  • Baca melalui notifikasi di lockscreen;
  • Bisa juga melalui popup message;
  • Baca chat melalui widget WhatsApp (hanya berlaku untuk Android).

Sumber artikel: Primadaily.comCara Sembunyikan Status ‘Online’ pada WhatsApp.

Add a Comment