Cara Praktis Mengatasi Ketombe Rambut

PrimaDaily – Ada cara praktis ala rumahan yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah ketombe rambut. Pasalnya ketombe memang kerap mengganggu karena bisa mengakibatkan gatal pada saat kapanpun. Selain itu ketombe juga dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri oleh karena tampilan bintik putih pada bagian rambut.

Nah jika anda kesulitan dalam mengatasi ketombe, maka cobalah terapkan cara atau hal-hal ala rumahan berikut ini.

Cara Praktis Mengatasi Ketombe Rambut

Sebenarnya ketombe juga bisa teratasi dengan bantuan shampo yang kita gunakan. Akan tetapi selain penggunaan shampo, beberapa cara berikut juga dapat membantu masalah rambut berketombe.

  • Perhatikan Pilihan Shampo

Gunakanlah shampo yang lembut dan antiketombe. Menurut informasi NHS, untuk mengurangi ketombe pada rambut pilihlah shampo dengan salah satu kandungan sebagai berikut:

a. Seng pyrithione

b. Selenium sulfida

c. Asam salisilat

d. Tar batubara

e. Ketokonazol

  • Kelola Stres Anda

Stres ternyata berdampak pada pertumbuhan ketombe rambut dan dapat meningkatkan keparahannya pula. Sehingga bila ada sesuatu yang mampu memicu stres segeralah hindari agar ketombe tak bertambah parah.

  • Rajin Keramas

Bagi anda yang jarang atau malas mencuci rambut maka pertimbangkanlah hal ini untuk rutin keramas. Khususnya bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Keramas lebih sering dapat membantu anda mengatasi masalah ketombe yang mengganggu. Sebab keramas dapat membantu mengurangi penumpukan minyak penyebab ketombe.

Lihat Pula: Keramas Setiap Hari, Bagus Nggak Sih?

  • Lakukan Aktivitas Berjemur

Sinar matahari dari aktivitas berjemur juga berpengaruh dalam mengendalikan ketombe yang menempel pada rambut. Jadi usahakanlah untuk berjemur sebentar ke luar ruangan.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan sehat juga ternyata berpengaruh pada kondisi ketombe. Namun meski demikian, pola makan yang sehat memang sangat penting karena akan berdampak sangat baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Maka dalam hal ini cobalah untuk rajin mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin V, seng, serta jenis lemak tertentu.

  • Membatasi Produk Perawatan Rambut Tertentu

Sebaiknya hentikan penggunaan suatu produk bagi anda yang sensitif terhadap suatu produk perawatan rambut tertentu. Pasalnya hal tersebut mampu memicu terjadinya ketombe.

Sumber artikel: Primadaily.comCara Praktis Mengatasi Ketombe Rambut.

Add a Comment