Bupati Asahan Ajukan Cuti 71 Hari Untuk Maju di Pilkada Serentak

Bupati Asahan Ajukan Cuti 71 Hari Untuk Maju di Pilkada Serentak

PrimaBerita – Bupati Asahan Sumatera Utara, Surya diketahui akan menjalani masa cuti selama 71 hari selama mengikuti pilkada serentak hingga masa kampanye usai.

Surya bersama dengan mantan sekda pemkab Asahan Taufik Zainal dipastikan maju dalam perhelatan pilkada serentak tahun ini. Surya dan Taufik telah mendaftar sebagai bakal paslon ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) Asahan pada 05 sepetember lalu.

Kadis kominfo (komunikasi dan informatika) Asahan, Rahmat Hidayat Siregar pun mengatakan dengan majunya orang nomor satudi pemerintah kabupaten Asahan tersebut secara praktis untuk beberapa waktu akan meninggalkan aktivitasnya sebagai bupati.

Baca Juga: Bobby Naik Vespa, Akhyar Bersepeda Daftar Cawalkot ke KPU Medan

Surya telah mengajukan masa cuti kepada gubernur Sumatera Utara agar dapat fokus mengikuti rangkaian tahapan pilkada Asahan, Sumut tahun 2020. Sehingga dengan demikian dalam waktu dekat seorang penjabat bupati akan memimpin pemerintah kabupaten Asahan.

“Bupati sudah ajukan cuti ke Medan, ditujukan ke gubernur Sumut. Saat ini pengajuan cutinya sedang tahap proses. Kalau penjabat yang akan menggantikan beliau, itu kewenangan gubernur,” ucap Rahmat Hidayat, selasa (8/9/2020).

Adapun lamanya Surya, bupati Asahan yang ajukan cuti yakni selama 71 hari. Waktu tersebut untuk mengikuti serangkaian pilkada serentak 2020 maupun hingga masa kampanye selesai.

Baca Juga: Pengacara Heran KPK Ngotot Usut Kasus Dugaan Korupsi Tanah Kuburan

Sebagai informasi, penetapan paslon dalam pilkada atau pemilihan kepala daerah serentak sesuai jadwal KPU (Komisi Pemilihan Umum) akan berlangsung pada 23 september 2020 mendatang. Sedangkan untuk masa kampanye pilkada akan berlangsung pada tanggal 26 september sampai tanggal 5 desember 2020.

“Mengajukan curi selama 71 hari, terhitung mulai tanggal 26 september nanti,” kata beliau.

Hidayat juga menambahkan nantinya ketika masa cuti telah berakhir, maka pada tanggal 6 desember nanti Surya akan kembali melaksanakan tugasnya kembali sebagai bupati Asahan hingga periodenya selesai. Periode tersebut yakni 2016 hingga tahun 2021.

Baca Juga: Tak Dukung Bobby Nasution, PDIP Medan Pecat 4 Ketua PAC

Add a Comment