Bentar Lagi Gajian, Begini Kiat Mengatur Gaji Bulanan

Kiat Mengatur Gaji Bulanan

PrimaBerita – Agar pengeluran selaras dengan pemasukan, ada baiknya anda mengetahui kiat mengatur gaji bulanan. Sebab bila tidak terarah dengan baik maka rasanya sia-sia bekerja setiap bulan saat mencari pundi-pundi rupiah.

Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa gaji hanya numpang lewat. Hal ini memang terkadang tak bisa kita pungkiri karena memang ada kebutuhan sehari-hari yang harus kita penuhi. Apalagi jika orang tersebut merupakan seorang perantau dan anak kos. Mungkin gaji akan habis untuk membayar tagihan kos, membayar listrik, membayar cicilan mobil atau rumah, maupun membeli barang yang telah diincar jauh-jauh hari. Namun biarpun begitu, ada beberapa kiat jitu yang bisa kita terapkan untuk mengatur gaji bulanan.

Buat Rencana Anggaran Belanja

Hal sederhana yang bisa anda lakukan yaitu dengan membuat rencana anggaran belanja seperti mencatat pengeluaran pokok/rutin setiap bulan. Tulis saja lebih detail hendak diapakan uang gajian tersebut. Karena tujuan perencanaan ini yaitu supaya nantinya anda mengetahui kemana saja uang gajian tersebut habis. Apakah memang benar-benar habis untuk memenuhi kebutuhan pokok dan rutin atau tidak. Dan hal ini bisa menjadi dasar anda untuk efektif lagi menggunakan uang gajian pada bulan berikutnya.

Buat Skala Prioritas Pengeluaran

Cek kembali catatan harian yang sudah anda buat. Siapatahu ada biaya-biaya keluar yang memang tidak terlalu penting. Misalnya setiap akhir pekan ada kebiasaan untuk nongkrong juga makan dan minum ke kafe-kafe berkelas dan mahal. Maka untuk itu cobalah pertimbangkan kembali kebiasaan ini. Anda bisa memperhitungkan sendiri seberapa banyak pengeluaran tersebut setiap bulan atau bahkan setiap tahunnya.

Membayar Langsung Cicilan

Hal ini berlaku bagi orang-orang yang memiliki hutang atau cicilan. Nah setiba waktunya anda menerima gaji, sebaiknya langsung lunasi cicilan anda. Jangan menunda karena bisa saja membuat anda susah pada kemudian hari. Namun kalau bisa sebisa mungkin menghindari hutang atau membeli sesuatu yang tidak perlu yang sifatnya menyicil.

Sebisa Mungkin Untuk Menabung

Saat gajian, sebisa mungkin untuk menyisihkan sebagian uang untuk kegiatan menabung atau kegiatan berinvestasi. Sebab kegiatan ini tentu sangat baik untuk jangka panjang.

Add a Comment