Beberapa Jenis Kontraksi yang Perlu Diketahui Bumil

beberapa jenis kontraksi

PrimaBerita – Ada beberapa jenis kontraksi yang perlu diketahui oleh wanita hamil. Sebab faktanya kontraksi bukanlah selalu menjadi tanda jelang persalinan meski banyak orang yang menganggap bahwa kontraksi erat kaitannya dengan detik-detik hendak melahirkan.

Kendati demikian selama masa kehamilan, bumil mungkin akan mengalami beberapa jenis kontraksi. Akan tetapi beda jenis kontraksi, berbeda pula jenis penyebab kontraksinya. Berikut beberapa jenis kontraksi yang perlu bumil ketahui.

Kontraksi Awal

Bumil umumnya akan merasakan perut yang mengencang hingga terasa mengeras selama masa mengandung. Namun hal tersebut adalah untuk menandakan bahwa tubuh sedang mempersiapkan proses kelahiran bayi.

Sehingga penyebab kontraksi awal ini bisa terjadi oleh karena peregangan ligamen pada sekitar rahim, nyeri perut, sembelit, maupun karena dehidrasi. Yang perlu anda perhatikan yaitu jika kontraksi tersebut beserta pendarahan.

Kontraksi Braxton Hicks

Beberapa bumil dapat merasakan braxton hicks atau kontraksi palsu mulai trimester kedua. Namun jenis kontraksi ini umumnya tidak terasa menyakitkan dan berlangsung sekitar 30 hingga 120 detik dan terjadi secara acak pula.

Akan tetapi dalam beberapa kasus, kontraksi bisa terpicu oleh karena kegiatan olahraga. Pun demikian, kram dapat anda redakan dengan banyak minum air putih maupun mandi dengan air hangat.

Kontraksi Seks

Bila kehamilan normal tanpa komplikasi, hubungan seks biasanya tak akan meningkatkan resiko persalinan prematur. Tetapi meski demikian aktivitas seks selama masa kehamilan, mampu memicu kontraksi palsu dan umumnya akan mereda dalam beberapa jam.

Sementara itu jika ada gejala yang mengganggu seperti nyeri, pendarahan, keputihan, maupun penurunan gerakan janin maka segeralah periksakan kondisi anda ke dokter untuk hal lebih lanjut.

Kontraksi Prematur

Sebelum atau menjelang 37 pekan kehamilan kontraksi yang muncul secara teratur dapat menandakan resiko persalinan prematur. Dan biasanya kontraksi ini terjadi setiap 10 menit sekali.

Kontraksi Persalinan

Mulai dari gejala sakit perut yang tidak nyaman hingga sakit punggung merupakan pertanda timbulnya kontraksi persalinan yang sesungguhnya. Secara perlahan rasa sakit pada bagian perut akan semakin memburuk bahkan bisa membuat kondisi menjadi lemah. Maka saat persalinan sedang berlangsung, kontraksipun dapat menjadi lebih intens dan kuat.

Add a Comment