Amankah Mengonsumsi Asinan Setiap Hari?

Amankah Mengonsumsi Asinan Setiap Hari?

PrimaBerita – Amankah mengonsumsi asinan setiap hari? Mungkin pertanyaan ini seringkali muncul dalam benak seseorang apalagi jika orang tersebut memang penyuka hidangan asinan.

Asinan merupakan sejenis makanan dari hasil proses pengolahan pengasinan dengan garam maupun pengasaman dengan cuka. Biasanya bahan makanan yang sering menjadi asinan yaitu buah atau sayuran. Lewat proses perendaman bahan makanan, asinan kerap menjadi menu camilan sembari menghabiskan waktu senggang.

Namun apakah aman jika kita terlalu sering mengonsumsi asinan?

Sebenarnya asinan memiliki kandungan mineral seperti kalium dan natrium yang berguna dalam menjaga keseimbangan elektrolit sekaligus menjaga kesehatan saraf maupun otot. Namun begitupun makanan ini ada baiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Pasalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan asam dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi hingga masalah pencernaan. Selain itu mengonsumsi asinan juga bisa menaikkan resiko gejala GERD dan sejumlah gangguan kesehatan lainnya, antara lain:

  • Naiknya Asam Lambung

Bila zat asam dari luar tubuh melebihi jumlah asam alami yang terdapat pada lambung, hal yang bisa terjadi yaitu penumpukan gas yang melebihi ukuran lambung itu sendiri. Oleh karenanya lambung menjadi mengembang hingga terasa sesak. Pada akhirnya sejumlah rasa sakit akan timbul seperti melilit, perut nyeri, serta mual dan ingin muntah.

  • Mengganggu Kinerja Jantung

Asam asetat yang terkandung dalam cuka dapat mengerutkan pembuluh darah jantung. Kondisi ini merupakan reaksi saat pembuluh tidak mendapat zat yang memiliki kadar keasaman terlalu tinggi. Sehingga ketika memompa darah, kinerja jantung menjadi tidak normal.

  • Iritasi Usus

Dinding usus sebetulnya tidak akan kuat jika secara terus menerus tersiram langsung asam asetat bahkan dalam jumlah yang banyak. Sehingga situasi inilah yang bisa mengakibatkan iritasi usus oleh enzim lipase. Akibatnya sistem pencernaan pun menjadi terganggu.

  • Rusaknya Enamel Gigi

Mengonsumsi asinan setiap hari rupanya juga bisa merusak enamel gigi. Hal ini karena tingkat keasaman cuka yang tinggi bersifat erosi. Tingkat keasaman tersebut akan mengikis pelindung gigi bagian luar (enamel). Jika enamel semakin rusak maka gigi juga bisa cepat keropos.

  • Iritasi Lambung

Tingkat keasaman yang sangat tinggi juga dapat mengiritasi lambung. Sementara itu dinding lambung yang mengalami panas akibat asam asetat mampu menimbulkan nyeri akibat teriritasi.

 

Add a Comment