Agar Tidak Depresi, Ini Jam Terbaik Untuk Tidur Malam

jam terbaik untuk tidur malam 

PrimaBerita – Apakah anda merupakan orang yang sering begadang? mungkin begadang karena pekerjaan atau memang sibuk dengan kesibukan yang lain?. Namun hal tersebut dapat memicu depresi untuk itu kethaui jam terbaik untuk tidur malam.

Tidur memiliki peran yang penting dalam hidup. Karena tubuh yang kurang istirahat akan merasa kelelahan, menurunkan produktivitas, level stres yang meningkat, hingga berujung pada depresi.

Berikut jam terbaik untuk tidur malam

1. Tubuh menyesuaikan waktu istirahatnya sesuai aktivitas anda

Dilansir dari CureJoy, tubuh manusia mampu menyesuaikan waktu siang dan malam untuk menentukan pola tidurnya. Jika anda beraktivitas saat matahari bersinar dan beristirahat saat bulan menghiasi langit nan gelap, tandanya waktu tidur terbaik anda berada di antara jam 10 malam, dan waktu bangun sekitar jam 6 pagi.

2. Waktu tidur ideal ialah jam 10 malam – 6 pagi

Waktu tidur ideal manusia dimulai dari pukul 10 malam, dan bangun pada pukul 6 pagi. Namun, beberapa ahli bahkan menyarankan untuk memulai tidur pada pukul 8 malam.

Jika waktu tidur berkisar antara pukul 8 malam sampai dengan 12 malam, anda akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan mimpi indah. Istirahat yang cukup pada malam hari juga membuat anda tidak akan merasa butuh tidur siang setelahnya.

3. Buat dan patuhi jadwal tidur anda sendiri

Jika anda tidak cocok tidur pada jam 10 malam. Anda bisa membuat waktu tidur yang sesuai dengan rutinitas harian atau kesibukan yang sedang anda kerjakan, selama mencukupi waktu istirahat yang anda butuhkan, yaitu pada orang dewasa adalah 7-9 jam.

4. Tidur lewat jam 12 malam berakibat buruk bagi kesehatan

Jika senang begadang, kebiasaan ini akan memberikan dampak buruk pada kesehatan. Bangun lebih sore dari biasanya akan meningkatkan risiko perilaku bulimia, depresi dan seasonal affective disorder (SAD).

Salah satu penelitian pada pekerja Jepang menemukan, tidur terlalu larut memiliki kaitan signifikan dengan prevalensi yang tinggi pada gejala depresi.

5. Bangun lebih pagi ternyata sangat baik bagi tubuh

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau bangun pagi membantu anda merasa lebih positif dan jadi proaktif. Tubuh segar pastinya akan membuatmu jadi lebih semangat bekerja, ‘kan.

6. Jaga waktu tidur anda secara konsisten

Memiliki pola tidur yang konsisten sangat penting untuk dilakukan karena dapat memengaruhi kesehatan mental anda, misalnya selalu tidur pukul 10 malam dan bangun pukul 5 dini hari.

Studi lain yang meneliti pola tidur siswa sekolah menemukan kalau siswa dengan jadwal istirahat pada malam yang teratur memiliki prestasi akademik lebih baik, dibandingkan mereka yang tidur tidak teratur.

7. Perbaiki jika waktu tidur anda berantakan

Anda perlu menyiasati dengan meluangkan waktu untuk tidur siang singkat pada jam kerja. Jangan takut tidur terlalu cepat atau terlalu sore, yang terpenting adalah durasi tidur dan menjaga jadwal istirahat reguler. Setelah semuanya kembali normal, benahi kembali waktu tidur itu.

8. Tidur selama 7 – 8 jam untuk menghindari resiko kesehatan

Orang dewasa pada umumnya membutuhkan 8 jam lamanya tidur. Namun, angka ini bervariasi untuk masing-masing orang. Sebagian dapat merasa cukup dengan tidur selama 6-7 jam, sementara yang lainnya butuh 8 jam. Pada kategori usia anak-anak dan lanjut usia pun berbeda.

Add a Comment