7 Etika yang Wajib Dipatuhi dalam Menggunakan Handphone

Etika Menggunakan Handphone

PrimaBerita – Dalam perkembangan zaman yang menggunakan teknologi terdepan yaitu Handphone. Menggunakan Handphone ada etika yaang wajib untuk dipatuhi.

Karena dunia yang sedang anda jalani ini bukan hanya tentang anda. Sosialisasi secara langsung adalah kodrat alami manusia. Jadi anda perlu melakukan etika saat bersosialisasi agar orang yang bersama anda merasa nyaman.

Berikut 7 etika yang wajib dipatuhi dalam menggunakan Handphone.

1. Jangan bermain media sosial saat pembicaraan penting

Jangan bermain media sosial yang wajib saat berada dalam rapat penting atau presentasi karena anda bisa lupa topik yang sedang berlangsung. Kemudian lawan bicara anda mungkin merasa bahwa anda tidak menghargainya.

2. Kecilkan nada dering atau notifikasi saat momen formal

Nada dering yang terlalu kencang sangat mendistraksi fokus orang-orang yang sedang mengikuti forum formal seperti presentasi, khotbah dan rapat. Untuk itu kecilkan nada dering atau notifikasi handphone saat momen formal.

3. Kurangi volume media saat berada di tempat umum

Kurangi volume media saat berada di tempat umum karena hal ittu akan menggangu orang lain. Atau cobalah untuk menggunakan earphone atau headphone, jangan biarkan orang lain merasa terganggu dengan aktivitas yang seharusnya bersifat pribadi tersebut.

4. Wajib untuk meminta izin keluar pada forum rapat untuk menerima telepon

Menerima telepon tanpa izin keluar dari forum merupakan kesalahan. Walaupun dalam obrolan semi formal, atau bahkan kasual, pembicaraan anda dengan lawan bicara akan selalu mengandung hal-hal yang rahasia. Meneleponlah pada tempat yang sepi dan tidak mengganggu ketenteraman umum.

5. Jangan bermain HP saat mengemudi

Tercatat, jumlah korban kecelakaan mencapai 18.000 jiwa. Faktor terbesarnya berasal dari penyalahgunaan gadget.

Jadi, demi keselamatan bersama, gunakan headset untuk menerima panggilan saat sedang berjalan dan hindari membalas pesan saat mengemudi.

6. Jangan berbicara terlalu keras saat menelepon seseorang

Sekali lagi, belilah headset untuk membantu anda mendengar lebih baik dan berbicara lebih baik dalam menggunakan HP. Volume bicara anda  yang terlalu keras juga sama mengganggu dengan menonton video atau mendengarkan lagu.

7. Jangan memotret seseorang tanpa izin

Jangan memotret seseorang tanpa izin meskipun itu pacar, keluarga atau teman, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu.

Apalagi memotret dan mengunggah gambar orang asing, walaupun demi kepentingan konten maupun resmi, pastikan mendapat izin.

Pula, jika ingin mengambil atau merekam peristiwa kecelakaan, pastikan untuk menyebar dengan informasi seperlunya dan faktual. Jangan sampai anda menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Pahamilah bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, juga harus diiringi peningkatan empati dan kepekaan anda terhadap orang lain.

Add a Comment