5 Kesalahan Ngemil Ini Bisa Bikin Tubuh Melar

PrimaDaily – Bagi anda yang suka ngemil atau makan cemilan, ada kesalahan ngemil yang bisa bikin tubuh anda jadi melar loh. Camilan yang tepat bisa memberikan asupan nutrisi untuk tubuh.

Tidak hanya itu, Ngemil juga memberikan suplai energi. Bahkan, bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Berikut 5 kesalahan ngemil yang bisa bikin tubuh melar :

1. Melakukan kegiatan lain

Ngemil tidak lepas dari aktivitas lain semisal bekerja, menonton serial televisi atau sambil bermain game. Padahal ngemil sambil melakukan aktivitas lain berisiko membuat Anda ngemil berlebihan. Sebaiknya batasi distraksi dan fokus saat makan.

2. Tanpa persiapan

Persiapan sebaiknya tidak hanya anda lakukan untuk santapan besar tetapi juga untuk camilan. Kesempatan mempersiapkan camilan bisa menjauhkan Anda dari junk food yang cepat dan praktis.

Persiapan camilan yang sehat itu semudah mempersiapkan sepaket Greek yogurt dan sebungkus jeruk dan apel untuk seminggu.

3. Kurang cermat membaca label kemasan

Memperhatikan tulisan bagian depan kemasan saja tidak cukup sebab informasi detail mengenai produk tercantum pada bagian belakang plus ada tabel informasi nilai gizi.

Pertama, cek bahan-bahannya. Bahan pembuatan produk berdasarkan kandungan terbanyak hingga tersedikit. Anda pun bisa melihat kandungan garam, gula dan lemak jika ketiganya berada pada urutan awal.

Kedua, cek tabel informasi nilai gizi. Cek nutrisi yang mampu diberikan makanan semisal, serat, vitamin, kalsium, zat besi atau potasium juga sodium (garam), lemak dan gula.

Perhatikan pula persen kebutuhan harian (Daily Value/DV) per sajian. DV menunjukkan persen nutrisi yang terpenuhi berdasarkan angka kebutuhan gizi.

4. Nutrisi camilan tidak seimbang

Camilan yang bagus sebaiknya mengandung nutrisi seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak. Karbohidrat menyediakan energi, sementara protein dan lemak memberikan rasa kenyang dan menjaga Anda tidak makan besar berlebihan. Anda bisa memadukan apel dan selai kacang atau sebutir telur dan salad.

5. Camilan tidak mengundang selera

Kadang demi menurunkan berat badan, Anda malah mempersiapkan makanan ringan yang sebenarnya tidak Anda sukai.

Bukannya semangat, ini malah membuat Anda mencari alternatif makanan ringan lain yang lebih enak. Akibatnya, Anda cenderung mencari junk food. Anda bisa memanggang oat, bubuk kayu manis, brown sugar, irisan almond, madu dan buah-buahan kering.

Sumber artikel: Primadaily.com5 Kesalahan Ngemil Ini Bisa Bikin Tubuh Melar.

Add a Comment