Tips Langkah Awal Membuka Usaha Kecil-Kecilan

usaha kecil-kecilan

PrimaBerita–  Memiliki gelar sarjana bukan jaminan bisa memberikan kesuksesan dalam bekerja. Apalagi jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah sarjana yang ada di Indonesia.

Daripada menganggur, lebih baik memulai sebuah usaha kecil kecilan yang cukup menjanjikan. Banyak pengusaha besar yang memulai usahanya dari hal yang sangat kecil. Masih banyak pemula dalam membangun usaha bingung mencari cara dalam awal langkah membuka usaha.

Namun, membuka sebuah usaha bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan asal-asalan. Sangat bagus jika niat yang besaar adadalam seseorang individual untuk membuka usaha.

Dalam berbisnis dibutuhkan sedikit wawasan atau teori untuk mrmulai atau melakukannya. Tak hanya sekedar menyiapkan modal dan tahu akan berbisnis apa, ada hal lain yang perlu disiapkan dalam membuka usaha.  Diulasan ini akaan diberitahu apa saja tips langkah awal membuka usaha .

Tujuan setiap orang saat melakukan sebuah usaha atau bisnis adalah memperoleh keuntungan sebagai sumber penghasilan. Biasanya hasil keuntungan tersebut akan digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Semakin kecilnya modal yang dikeluarkan tentunya produk yang akan dijadikan bisnis tidak akan dijual dalam harga yang mahal. Sehingga konsumen dari berbagai macam elemen akan mudah untuk membeli produk yang ditawarkan.

Oleh sebab itu usaha kecil dapat bertahan terus dan berkembang pesat meskipun perusahaan besar mengalami kebangkrutan.  Kerugian yang dialami oleh usaha kecil pun tidak akan terlalu membebani pelaku usaha ini karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Berikut ini merupakan beberapa tips jika ingin membuka usaha:

  1. Memiliki niat dan minat

Untuk mengerjakan sesuatu diperlukan sebuah niat yang mantap. Kebanyakan orang tidak sungguh-sungguh menjalankan sebuah usaha karena yang dipikirkannya hanyalah keuntungan yang akan didapatkan dari usaha.

    2. Menentukan jenis usaha

Hal ini dapat dilakukan dengan cara menganalisa usaha apa yang paling berpotensi dan sesuai dengan minat dan ketertarikan pelaku usaha. Penentuan usaha yang akaan anda lakukan juga berpengaruh sama dana yang anda miliki, dan harus menyesuaikan dengan bugged anda.

  3. Meyiapkan modal

Menyiapkan modal dengan sempurna, melakukan pengadaan uang fisik, menyiapkan keuangan yang siap untuk dibuat modal usaha anda. Dengan melakukan pengelolaan yang baik, seseorang akan benar-benar tahu jumlah modal yang dikeluarkan setiap harinya, berapa produk yang harus terjual, dan berapa keuntungan yang akan didapatkan

4. Jangan berpikir hutang

sebagus dan sebesar apapun toko yang dimiliki tidak akan berpengaruh terhadap keberhasilan usaha seseorang. Ada baiknya usaha yang baru dijalankan menggunakan modal sendiri. Sehingga jika ada kerugian pun dapat ditangani oleh sendiri tanpa harus berhubungan dengan bank

5. Rajin promosi

Unsur terpenting dalam menjalankan usaha adalah melakukan promos. Oleh karena itu penting untuk melakukan promosi meskipun hanya dari mulut ke mulut.  Selain itu penggunaan media sosial yang sedang digemari masyarakat saat ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi.

 

Add a Comment