Ternyata Ada Manfaat Memelihara Ikan Hias Seperti Guppy

manfaat memelihara ikan hias

PrimaBerita – Manfaat memelihara ikan hias bukan hanya sebagai kepuasan serta kesenangan semata saja. Melainkan bisa dijadikan sebagai hiasan rumah hingga membasmi jentik nyamuk.

Bagi pecinta ikan hias, ada banyak jenis-jenis ikan hias yang bisa dijadikan koleksi. Namun ikan cupang dan ikan guppy juga menjadi salah satu incaran mereka. Alasan umumnya yaitu karena kedua jenis ikan ini memiliki warna yang cantik dan menarik.

Manfaat Memelihara Ikan Hias

Menurut Indonesian Guppy Popularized Association, berikut sederet manfaat yang diperoleh dalam aktivitas memelihara ikan hias.

Baca Juga: 2 Rekomendasi Tanaman Pagar dan Tips Merawatnya

Mengestetik Ruangan

Aquarium dengan segala makhluk hidup dan ornamen di dalamnya mampu menambah estetika suatu ruangan atau rumah maupun kantor. Oleh karena warnanya yang menarik serta keunikan sirip maka ikan guppy dan ikan cupang kini menjadi sangat populer bagi masyarakat. Khususnya para penggelut ikan hias.

Dapat Mengurangi Stres

Penelitian yang dilakukan oleh pakar National Marine Aquarium mengatakan bahwa memandangi ikan di dalam aquarium mampu mengurangi rasa stres. Bahkan bisa menstabilkan ritme jantung serta mengurangi tekanan darah.
Semakin banyak ikan di dalam aquarium dengan ragam warna maupun jenis, hal ini juga mampu menangkap perhatian seseorang. Lalu terciptalah suasana hati yang teduh.

Membasmi Jentik Nyamuk

Ikan guppy yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah ini masuk ke wilayah Indonesia pada awal tahun 1920. Yang mana kala itu mulanya ikan guppy dimanfaatkan untuk memakan jentik nyamuk atau larva nyamuk malaria.

Namun seiring berjalannya waktu, ikan guppy kerap dijadikan sebagai ikan hias yang menambah estetik suatu ruangan.
Hingga kini jenis ikan guppy tercatat sudah memiliki ratusan jenis yang tersebar di seluruh dunia. Dan nampaknya jumlah tersebut masih akan terus bertambah dengan proses penyilangan yang dilakukan oleh breeder seluruh dunia.

Namun selain manfaat di atas, manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari aktivitas pelihara ikan hias yaitu manfaat ekonomi. Anda bisa berbisnis ikan hias, bukan?

Sumber :  PrimaDaily.com

Add a Comment