Musisi Anji Dilaporkan ke Polisi, Diduga Sebar Kebohongan Obat Covid-19

Musisi anji dilaporkan ke polisi

PrimaBerita – Musisi sekaligus youtuber Anji dilaporkan oleh Cyber Indonesia ke Polda Metro Jaya pada senin sore, 3 agustus 2020. Laporan tersebut terkait soal klaim temuan obat covid-19 saat sedang mewawancarai Hadi Pranoto dalam konten video youtube Anji.

Ketua umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid mengungkapkan laporan yang menyeret nama musisi Anji dilaporkan ke polisi berkaitan dengan dugaan tindak pidana lantaran menyebarkan berita bohong lewat kanal youtube Anji.

“Dalam konten itu sebagaimana diketahui memuat soal kabar penemuan obat covid-19. Nah ini kemudian dimedsos memicu dan menimbulkan berbagai polemik,” katanya, senin.

Menurut penuturannya selain memicu polemik bagi publik, pendapat yang disampaikan bintang tamu Anji dalam videonya di youtube juga dinilai sangat merugikan pihak rumah sakit. Sebab bintang tamu Anji mengatakan telah memiliki metode untuk mengatasi covid-19 (penyakit yang disebabkan oleh SARS-Cov-2).

“Dengan yang dia namakan dengan digital teknologi itu biayanya cukup Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Nah ini kan sangat merugikan pihak rumah sakit. Jangan sampai ini dipercaya sama publik dan beranggapan selama ini diperas dibodohi bahwa ada pihak yang kemudian mengambil keuntungan. Ini berbahaya,” pungkasnya.

Padahal untuk dapat mengetahui seseorang terpapar covid-19 saja mampu merogoh kocek ratusan hingga jutaan rupiah dalam mengikuti serangkaian tes kesehatan, seperti swab dan rapid test.

Sementara itu hal lainnya yang disoroti Muannas dari isi konten tersebut yakni pemaparan tentang penemuan obat menangani covid-19.

“IDI sendiri sudah melakukan bantahan bahwa kalau obat harus dilakukan uji klinik. Itu sudah dibantah bahwa tidak ada uji klinik soal itu. Bahkan menkes menegaskan bahwa penemuan itu dianggap tidak jelas. Ini kan artinya sudah menyebarkan berita bohong yang kemudian bisa menimbulkan keresahan,” tambah Muannas.

Add a Comment