Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan

PrimaBerita – Selain rasanya yang lezat, khasiat rumput laut ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Rumput laut juga terkategori ke dalam jenis sayuran laut (marine vegetables) yang mana jenis sayuran laut ini memiliki kalori yang rendah. Semangkuk rumput laut mentah bahkan mengandung kurang dari 20 kalori. Yuk simak apa saja khasiat dari mengonsumsi rumput laut.

Menguatkan Tulang

Rumput laut mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Pasalnya jika kekurangan kalsium maka hal tersebut bisa berdampak pada otot maupun sel yang berkoordinasi dengan sistem saraf. Untuk itu, penting bagi orang-orang untuk memenuhi kebutuhan kalsium hariannya masing-masing melalui pertimbangan mengonsumsi sajian rumput laut atau wakame.

Baik Bagi Penderita Diabetes

Selembar rumput laut mempunyai kandungan nutrisi omega-3 asam lemak. Hal ini berfungsi baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan juga mengurangi kolesterol jahat atau LDL.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Khasiat rumput laut selanjutnya yaitu dapat membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Sebab rumput laut yang kaya akan vitamin K mampu berkoordinasi dengan trombosit. Selain itu vitamin K tersebut juga akan mengirim sinyal kimia saat trombosit mengumpulkan darah dan membekukannya.

Meningkatkan Energi

Kandungan lain yang dapat kita peroleh dari sajian rumput laut adalah zat besi. Karena apabila seseorang kekurangan zat besi maka seseorang bisa menderita anemia sehingga menjadi mudah lesu. Untuk itu anda bisa menambah nutrisi zat besi anda dengan mengonsumsi setidaknya semangkuk rumput laut sebagai makanan sehari-hari.

Menjadikan menu rumput laut sebagai makanan sehari-hari dapat membantu seseorang mencapai kebutuhan 8 mg zat besinya bagi pria dan 18 mg zat besi bagi wanita.

Menurunkan Berat Badan

Beberapa rumput laut seperti rumput laut cokelat mengandung pigmen fucoxanthin yang bermanfaat dalam membantu metabolisme tubuh mengubah lemak menjadi energi. Pasalnya sebuah studi juga menemukan bahwa serat alami yang terdapat pada rumput laut cokelat atau alginat bisa membantu menghalangi penyerapan lemak pada usus.

Terhindar dari Pembengkakan Kelenjar Tiroid

Selain daripada nutrisi-nutrisi tersebut, rumput laut rupanya mengandung yodium. Sehinggs mengonsumsi level yodium yang sehat memang penting untuk mempertahankan tiroid yang sehat. Sebab jika tiroid bermasalah maka bisa menyebabkan beberapa gejala seperti otot terasa lemah bahkan hingga kolesterol tinggi. Bahkan kasus yang parah dapat menyebabkan penyakit gondok serta memori yang terganggu.

Add a Comment