Jokowi Sebut 1 Provinsi yang 70% Warganya Belum Menggunakan Masker

Jokowi Sebut 1 Provinsi yang 70% Warganya Belum Menggunakan Masker

PrimaBerita – Kepala negara RI, presiden Jokowi sebut ada 1 provinsi yang 70% warganya belum menggunakan masker dalam upaya pencegahan covid-19. Meski tidak disebut nama provinsinya secara pasti, akan tetapi Jokowi mengatakan provinsi tersebut ada di pulau Jawa.

“Masker menjadi kunci, survei yang kita lakukan di… Saya tidak sebut provinsinya, 70% belum memakai masker. Saya tidak akan sebut provinsinya. Ini di salah satu provinsi di Jawa,” kata Jokowi dalam pertemuan bersama gubernur Jawa Barat yang disiarkan lewat kanal youtube (11/08/2020).

Provinsi yang warganya belum mau menggunakan masker disebut Jokowi mencapai 70%. Oleh sebab itu menurutnya angka 70% merupakan angka yang sangat tinggi sehingga peraturan mengenakan masker harus terus digaungkan.

Lihat Juga: Sekolah Sudah Bisa Dibuka Pada Zona Kuning Tapi dengan Pengawasan Ketat

“Saya sampaikan dalam 2 minggu ini dibantu TNI, Polri, gugus tugas daerah, betul-betul urusan masker all out. Tolong disampaikan ketua satgas bener-bener urusan yang berkaitan dengan masker bisa kita selesaikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Joko Widodo atau Jokowi juga menyampaikan akan pentingnya strategi intervensi berbasis lokal.

“PSBB desa, kampung, melokalisir skup kecil, memudahkan kita dalam menyelesaikan masalah-masalah di lapangan sehingga satu sisi tidak mengganggu wilayah besar. Sisi lain dari ekonomi kita tidak banyak terganggu,” imbuh presiden.

Dalam pertemuannya dengan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, presiden RI menghimbau ke berbagai pihak untuk mendorong kedisplinan terhadap penerapan protokol kesehatan. Terutama dalam hal pemakaian masker. Di samping masyarakat harus melakukan jaga jarak, tidak berkerumun atau menciptakan aktivitas kerumunan, serta rajin mencuci tangan.

Selain itu presiden juga menambahkan bahwa masker disebut sebagai sebagai media kunci yang bisa menyelesaikan banyak hal yang berhubungan dengan virus corona atau yang lebih dikenal dengan covid-19. Sehingga bahkan di daerah-daerah lain ada yang telah memberikan sanksi hingga denda bagi warganya yang tidak memakai masker.

Oleh karena itu pemerintah selalu menghimbau kepada masyarakat tetap menggunakan masker demi mencegah tertularnya virus.

Add a Comment