Ini Tips Memelihara Burung Hantu

PrimaDaily – Ada sejumlah tips dalam memelihara burung hantu. Meski terkadang terlihat menyeramkan ketika burung sudah besar akan tetapi nampaknya memelihara burung hantu masih cukup populer bagi masyarakat.

Cara merawat burung hantu pun berbeda dengan cara merawat burung jenis lainnya atau burung pada umumnya. Bahkan merawat burung hantu akan sedikit menyulitkan. Selain itu makanan burung hantu juga berbeda-beda bergantung kepada jenisnya. Yuk langsung saja simak sejumlah tips dalam merawat anak burung hantu.

Salah satu tips memelihara burung hantu yaitu menyediakan tempat bertengger burung. Sebab burung hantu tidak suka masuk dalam sangkar setiap waktu, burung tersebut akan merasa stres. Jadi anda perlu membuat tempat angkringan burung hantu yang terbuat dari kayu alami yang nyaman bagi burung.

Hal ini juga supaya bisa mempercepat proses penjinakannya. Selain itu biasanya bila burung hantu belum jinak maka kaki akan terikat kali pada tenggeran agar tidak terbang lari.

Lihat Juga: Jenis Hewan yang Bisa Dijadikan Piaraan di Rumah

  • Memberikan Makanan yang Sesuai

Burung hantu ternyata tak boleh makan makanan sembarangan. Sama halnya dengan manusia, burungpun perlu memperoleh makanan yang sehat dan bergizi sehingga bagus untuk proses tumbuh kembangnya. Misalnya jika jenis burung hantu anda adalah jenis celepuk maka anda bisa memberi pakan jangkrik atau ikan yang berukuran mini.

Untuk jenis lainnya, mereka akan memerlukan pakan seperti tikus putih maupun burung emprit. Pun demikian secara umum, sebaiknya hindari memberikan pakan burung hantu berupa daging kemasan.

  • Memelihara Sedari Kecil

Bagi pemelihara, usahakan anda memelihara burung hantu dari yang masih anakan atau bayi burung. Pasalnya anak burung yang masih kecil lebih mudah untuk dilatih dan dijinakkan.

  • Tenang Selama Proses Merawat dan Memelihara Burung Hantu

Biasanya pemilik pemula masih sering panik namun sebaiknya anda memang tak perlu panik selama proses penjinakan burung peliharaan. Jika anda takut kena cakaran maupun gigitan burung, anda bisa mengantisipasinya dengan menggunakan sarung tangan.

  • Hindari Penjemuran Bawah Sinar Matahari

Burung hantu merupakan hewan nokturnal. Burung ini juga kerap beraktivitas pada saat malam hari bahkan untuk mencari mangsa sekalipun. Sesudah urusannya selesai maka burung kembali ke tempatnya lagi. Namun ada satu hal yang perlu anda perhatikan yakni saat sinar matahari terasa terik maka masukkan saja burung hantu anda ke dalam sangkarnya. Lalu letakkan di tempat teduh.

  • Ajak Berkomunikasi

Meski burung tidak bisa berbicara tetapi burung ini bisa memahami beberapa sapaan manusia. Sehingga anda perlu melakukan komunikasi dengan burung agar burung tidak stres. Karena jikalau sudah sering stres, burung hantu bisa lebih mudah mati.

Sumber artikel: Primadaily.comIni Tips Memelihara Burung Hantu.

Add a Comment