Ini Manfaat Minum Air Putih Segera Setelah Bangun Tidur

PrimaBerita – Segera minum air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat yang cukup besar bagi tubuh. Tubuh manusia terdiri dari 70 persen air sehingga minum air putih sangat penting menjaga tubuh agar tetap segar.

Salah satu manfaat minum air adalah menghilangkan dehidrasi. Dehidrasi jangka panjang dapat menyebabkan hipertensi, obesitas, batu ginjal, dan sinusitis.

Saat perut dalam keadaan kosong pada pagi hari, memang perlu berhati-hati mengkonsumsi asupan pertama yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena mencegah terjadinya mual dan sakit perut. Namun, mengkonsumsi air putih saat perut dalam keadaan kosong justru memberikan banyak manfaat.

Berikut ini 5 manfaat minum air putih setelah bangun tidur, melansir dari berbagai sumber:

1. Membersihkan racun di dalam tubuh

Minum air putih saat perut kosong pada pagi hari, akan membuang racun berbahaya, membuat tubuh segar dan sehat. Selain itu, minum banyak air dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

2. Meningkatkan metabolisme

Minum air putih saat perut kosong dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 24 persen. Sangat penting bagi Anda yang menjalani program diet karena meningkatkan metabolisme yang dapat membersihkan usus besar dan lebih mudah untuk menyerap nutrisi.

3. Meredakan mulas dan gangguan pencernaan

Minum air putih saat perut kosong, mendorong keasaman lambung ke bawah dan mengencerkan sehingga memberikan awal yang baik bagi perut saat sarapan.

4. Kulit berkilau

Dehidrasi menyebabkan keriput. Sebuah penelitian menemukan minum 500 ml air putih saat perut kosong meningkatkan aliran darah pada kulit dan membuat kulit bersinar. Selain itu, minum lebih banyak air sepanjang hari berarti tubuh mengeluarkan racun yang akan membuat kulit lebih bercahaya.

5. Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih

Minum air putih setelah bangun tidur mengencerkan asam yang rentan terkena penyakit batu  ginjal. Semakin banyak air yang masuk kedalam tubuh, semakin Anda akan terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang penyebabnya adalah racun.

Add a Comment