Ingin Panjang Umur? Coba Simak Kebiasaan Sehat Ala Orang Jepang

Ingin umur panjang

PrimaBerita – Siapa sih yang tak ingin panjang umur? Kalau bisa semua orang bisa hidup lebih dari 100 tahun. Tapi daripada menghayal terlalu sering, tidak ada salahnya bila anda melakukan atau mengikuti sejumlah kebiasaan sehat ala orang Jepang.

Pasalnya negara Jepang memiliki jumlah penduduk usia di atas 100 tahun paling banyak dari negara lain di dunia. Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya tentang rahasia umur panjang mereka.

Beberapa diantaranya mungkin menyebut karena perbedaan genetik atau praktik diet. Tetapi ternyata ada sejumlah kebiasaan baik yang mereka lakukan tentang pola hidup sehat. Kita bisa menconteknya dan berharap umur yang panjang.

Mengonsumsi Rumput Laut

Rumput laut sangat menonjol di Jepang sehingga sering dijadikan sebagai hidangan atau olahan makanan. Hal ini karena rumput laut memiliki nutrisi yang sangat baik menunjang kesehatan tubuh.

Sebagian besar tanaman laut ini kaya akan mineral seperti yodium, besi, tembaga, serta antioksidan. Selain itu rumput laut juga memiliki protein, serat, serta lemak omega-3. Jadi tidak ada salahnya jika ingin panjang umur mengonsumsi rumput laut. Dan biasanya makanan rumput laut banyak dijual di supermarket.

Rajin Mengonsumsi Sea Food

Sea food atau makanan laut juga sering dimakan orang Jepang. Dibandingkan dengan rekan-rekannya di Amerika, orang Jepang lebih sedikit kolesterol yang menumpuk. Hal ini disebabkan karena tingginya konsumsi makanan laut yang mereka santap. Selain itu orang Jepang juga diketahui mempunyai tingkat penyakit jantung terendah di dunia.

Mengonsumsi makanan laut setidaknya 2 kali seminggu bukan hanya membuat jantung menjadi lebih sehat. Tetapi kesehatan otak juga terjaga. Lalu memasukkan berbagai jenis ikan maupun kerang pada menu makan merupakan ide bagus untuk pola hidup sehat.

Makan Mendekati Kenyang

Ada sebuah ungkapan di negeri sakura yang berbunyi ‘hara hachi bu’ yang berarti makan sampai 80 persen kenyang. Maka dengan pola pikir seperti ini anda makan dengan kenyamanan dan tidak berlebihan.

Bila anda ingin berlatih untuk makan mendekati kenyang atau hampir kenyang, mulailah dengan mendengar sinyal rasa lapar dan kenyang dari dalam tubuh. Seberapa lapar saya? Apakah saya menikmati makanan sebanyak ini? Dan kalimat-kalimat lainnya.

Mendekatkan Diri dengan Alam

Bagi orang Jepang praktik shinrin-yoku sering dipraktikkan demi hidup lebih sehat. Praktik ini diartikan dengan mandi di hutan atau menikmati suasana hutan. Sebagaimana disebut pula bentuk terapi alami.

Sebuah studi mengatakan tentang mendekatkan diri dengan alam adalah lebih baik. Ketika seseorang menikmati suasana hutan manfaatnya dapat membuat tekanan darah serta hormon stres menjadi lebih rendah.

Sumber: primadaily.com

Add a Comment