Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Ini Rekomendasi Bagi Warga Sekitar

gunung sinabung kembali erupsi

PrimaBerita – Gunung Sinabung yang berada di kabupaten Karo, provinsi Sumatera Utara, kembali erupsi pagi tadi pada pukul 06:07 WIB (13/08/2020). Erupsi ini merupakan kali kedua dalam kurun waktu 3 hari setelah erupsi pertama terjadi pada hari senin, 10 agustus 2020 sekitar pukul 11:17 WIB.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dari KESDM (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral) menujukkan bahwa tinggi kolom abu yang teramati dari hasil erupsi tadi pagi sekitar 1.000 m di atas puncak. Atau sekitar 3.460 m di atas permukaan laut. Adapun kolom abu dari erupsi Sinabung yang teramati yakni berwarna kelabu yang berintensitas sedang condong ke arah timur, tenggara, serta selatan.

Lihat Juga: Erupsi Gunung Sinabung, Berastagi Diguyur Abu Vulkanik

Gunung Sinabung yang kembali erupsi dalam rekaman seismogram, amplitudo maksimum sebesar 15 mm dengan durasi sekitar 11 menit 59 detik. Dan situasinya kini masih berada pada status level III (siaga). Oleh sebab itu ada beberapa hal yang direkomendasikan guna menjaga keselamatan warga sekitar maupun pengunjung lokasi.

Rekomendasi Bagi Warga Sekitar Gunung Sinabung

Gunakan Masker

Bila terjadi hujan abu, warga sekitar lokasi gunung Sinabung dihimbau supaya mengenakan masker saat aktivitas di luar rumah.

Hal ini demi mengurangi dampak kesehatan yang ditimbulkan dari abu vulkanik gunung Sinabung. Kemudian disarankan juga untuk membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat lalu jangan lupa untuk mengamankan sarana air bersih.

Waspada Bahaya Lahar

Waspadalah selalu terhadap bahaya lahar, khususnya bagi warga yang bermukim di dekat sungai yang berhulu di lokasi gunung Sinabung dan juga yang sedang berada di sana.

Tidak Melakukan Aktivitas Pada Desa yang Direlokasi

Warga maupun pengunjung direkomendasikan agar tidak melakukan kegiatan di desa-desa yang sudah direlokasi. Termasuk di wilayah pada radius radial 3 km dari puncak Sinabung. Lokasi dalam radius sektoral 5 km sektor selatan – timur, dan juga radius sektoral 4 km untuk sektor timur – utara.

Add a Comment