Cara Memilih Area Perkemahan yang Tepat

PrimaDaily – Melakukan kemah bersama keluarga merupakan momen yang jarang dilakukan. Apalagi karena ketidaktahuan memilih area perkemahan yang tepat.

Banyak orang lebih memilih untuk bepergian ke cafe, mall atau menonton di bioskop. Padahal hal tersebut tidak begitu efektif untuk meningkatkan keharmonisan atau kedekatan antara satu sama yang lain.

Berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan, atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan alam.

Berikut beberapa cara memilih area perkemahan yang tepat :

1. Usahakan mencari area yang datar

Mencari area yang datar akan membantu anda untuk tidur nyenyak saat malam hari. Kemudian anda tidak akan kesulitan jika ingin memasak atau melakukan berbagai aktivitas di dalam tenda.

Jangan mendirikan tenda di tempat yang miring atau terdapat banyak batu. Karena jika salah posisi tidur sedikit, badan anda mungkin saja sudah menjadi “santapan” batu-batu tersebut.

Usahakan untuk mencari area yang berada di dataran tinggi agar tenda anda tetap aman meskipun hujan. Dan usahakan juga tidak ada area cekung di dekatnya, karena jika hujan bisa jadi area tersebut akan tergenang air dan akhirnya mengalir ke tenda anda.

2. Cari tempat yang terlindung dari sinar matahari

Agar anda tidak kepanasan saat matahari sedang terik-teriknya. Ada baiknya anda meletakkan tenda di sisi barat bukit agar anda bisa merasakan kesejukan matahari pagi, sekaligus tidak terlalu panas saat siang menjelang sore.

Selain itu, usahakan untuk mencari tempat yang terlindung dari hembusan angin. Agar anda tidak berkali-kali memasang tenda akibat tertiup angin yang kencang.

Meskipun mencari tempat yang teduh, jangan sekali-sekali untuk mendirikan tenda tepat di bawah pohon, apalagi yang banyak rantingnya. Ada banyak resiko jika anda meletakkannya di bawah pohon seperti kejatuhan ranting saat ada angin kencang, atau yang parah, ikut tersambar petir jika pohon yang menjadi tempat berteduh lebih tinggi dibandingkan pohon-pohon lainnya.

3. Jauhkan dari sumber api

Satu hal yang cukup penting juga, saat mendirikan tenda jauhkan dari rencana anda untuk menyalakan api. Atau minimal, usahakan tenda tidak berada di jangkauan api saat tertiup angin. Tendamu berpotensi terbakar jika anda mendirikannya dekat dengan api, atau berada di jangkauan api saat tertiup angin.

4. Bersihkan lebih dulu area sekitar

Sebelum mendirikan tenda, pastikan area sekitar sudah bersih dari ranting-ranting, sampah dan bebatuan. Jika ada daun-daunan, anda bisa mengumpulkannya agar bisa menjadi bantal “alami”. Jika ada banyak daun-daunan, kembali kamu harus mengingat tips sebelumnya, yaitu mendirikan tenda jauh dari sumber api.

Sumber artikel: Primadaily.comCara Memilih Area Perkemahan yang Tepat.

Add a Comment