BI Buka Pendaftaran Penukaran Uang Rp 75 Ribu Lagi Hari Ini

BI Buka Pendaftaran Penukaran Uang Rp 75 Ribu Lagi Hari Ini

PrimaBerita – Hari ini (27/08/2020), BI (Bank Indonesia) buka pendaftaran kembali untuk gelombang kedua penukaran uang baru Rp 75 ribu edisi khusus kemerdekaan RI yang ke-75.

Adapun Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim menyampaikan kuota penukaran uang yang pada gelombang pertama hanya 300 bilyet/hari akan menjadi 600 lembar. Hal ini demi mempercepat penyebaran UPK pada masyarakat.

“Kemarin dewan gubernur BI sudah putuskan bahwa akan mempercepat dan memperluas pengedaran UPK lewat penukaran. Oleh karena itu kami akan menambah kuota untuk penukaran setiap harinya dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” beber Marlison Hakim melalui video conference, rabu (26/08/2020).

Sehingga dengan adanya peningkatan tersebut Marlison menambahkan kantor cabang daerah akan meningkatkan kuota dari yang semula 150 lembar UPK sehari menjadi 300 bilyet.

“Mulai besok sudah mulai buka lagi untuk individu jadi besok kuota tambah 2 kali lipat. Jadi mudah-mudahan besok buka aplikasi PINTAR untuk individu sudah bisa melakukan pemesanan kembali,” tambah Marlison (26/08/2020).

Namun bukan hanya kepada individu saja, penukaran kolektif juga telah buka guna mengakomodasi animo penukaran yang tinggi. Pendaftaran tersebut sudah mulai buka sejak 25 agustus kemarin.

Akan tetapi penukaran secara kolektif mewajibkan minimal 17 orang untuk setiap pendaftaran serta tidak menetapkan kuota maksimal.

“Kalau kolektif minimal 17 (orang), tidak ada maksimal. Sebanyak-banyaknya sesuai dengan kebutuhan pemesan,” papar Marlison.

Terkait BI yang buka pendaftaran penukaran uang Rp 75 ribu lagi hari ini, per selasa malam (25/08/2020) Bank Indonesia sudah mengeluarkan 50 ribu bilyet UPK dari total yang telah tersedia. Yakni sebanyak 75 juta lembar.

Namun angka tersebut masih terbilang kecil sehingga masyarakat tak perlu buru-buru memburu UPK pada e-commerce dengan harga tinggi lantaran takut kehabisan. Bahkan jika ingin memesan daring langsung ke Bank Indonesia, proses pemesanan ini pun cukup mudah.

Peminat dapat menyambangi situs web resmi BI. Atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi PINTAR bagi pengguna smartphone, baik iOS maupun android.

Add a Comment