Bandara Mana yang Paling Sibuk Selama Pandemi Covid-19?

Bandara Mana yang Paling Sibuk Selama Pandemi Covid-19?

PrimaBerita – Selama berlangsungnya pandemi covid-19, ternyata bandara Dallas-Fort Worth di Texas, Amerika Serikat menjadi bandara yang disebut paling sibuk selama pandemi. Menurut Lonely Planet (11/08/2020), banyak pesawat yang mendarat dan lepas landas di bandara tersebut. Meski aktivitas operasinya berkurang secara signifikan akibat pandemi.

Bandara Dallas-Fort Worth atau DFW pada bulan mei 2020 memiliki lebih dari 12 ribu penerbangan. Tetapi jumlah tersebut disebut hanya setengah dari jadwalnya jika dibandingkan dengan bulan februari lalu.

Namun meskipun begitu jumlah penerbangan yang dilakukan oleh bandara tersebut lebih tinggi dibandingkan bandara lain yang ada di Amerika Serikat maupun negara-negara lainnya. Yang mana sejumlah negara memberlakukan penguncian wilayah atau lockdown dan pembatasan perjalanan akibat wabah virus corona.

Lainnya: Kapan Waktu Terbaik Pergi Liburan ke Labuan Bajo?

American Airlines, salah satu perusahaan penerbangan yang berbasis di DFW dan merupakan perusahaan penerbangan terbesar di dunia mengoperasikan sebagian besar penerbangannya dari bandara tersebut.

Namun permintaan yang rendah telah mengurangi jumlah penerbangan sehingga membuat beberapa rute penerbangan antar kota dibatalkan. Alhasil para penumpang pesawat terpaksa harus dialihkan melalui hub utama seperti Dallas-Fort Worth yang ada di Texas, Amerika Serikat.

“Ada satu hal yang dapat kami sampaikan yakni DFW dan Charlotte tetap menjadi dua dari tiga hub terbesar di dunia,” imbuh Doug Parker, CEO American Airlines, seperti yang dikutip dari Lonely Planet.

Adapun bandara paling sibuk di dunia dapat diukur melalui beberapa hal yakni dari jumlah penerbangan serta jumlah penumpang pesawat. Beberapa bandara diantaranya mencakup bandara yang ada di Antlanta, Tokyo, London, Chicago, Dubai, maupun Beijing.

Meski jumlah kasus covid-19 di Amerika Serikat terus meningkat selama wabah, maskapai penerbangan secara perlahan merubah jadwalnya seperti sedia kala. Terlebih setelah pemerintah mencabut peringatan ‘Do Not Travel’ beberapa waktu lalu.

Sementara itu pada juli lalu. American Airlines dan JetBlue diketahui telah melakukan kerjasama untuk meluncurkan opsi codeshare terhadap penerbangan domestik maupun penerbangan internasional.

Add a Comment