Asteroid Sebesar Mobil Melewati Bumi

Asteroid Melewati Bumi

PrimaBeritaAsteroid sebesar mobil melewati bumi. NASA dan badan antariksa lainnya sudah cukup ahli dalam melacak asteroid yang berpotensi berbahaya. Tapi kadang masih ada saja asteroid berukuran kecil yang tiba-tiba memepet Bumi dengan jarak yang dekat, seperti asteroid 2020 QG.

Pada Minggu, 16 Agustus lalu, asteroid 2020 QG melewati Bumi pada Minggu. Zwicky Transient Facility untuk pertama kalinya menemukan Asteroid seperti ini. Fasilitas survei astronomi yang sering mencari objek antariksa.

European Space Agency (ESA) NEO Coordination Centre yang mengawasi objek dekat Bumi mengatakan 2020 QG adalah asteroid yang melewati Bumi dengan jarak paling dekat tanpa menabrak Bumi.

Esa memperlihatkan lintasa 2020 QG dan jaraknya yang sangat dekat dnegan bumi melalui cuitan pada twitternya.

Dua observatorium yang bekerjasama dengan Planetary Defence Office ESA mengumpulkan data tambahan.

Dari data tersebut, 2020 QG melewati Bumi dengan jarak hanya 2.950 km. Untuk perkara asteroid, jarak hampir 3.000 km itu ibarat memepet Bumi.

Asteroid 2020 JJ yang melintasi Bumi bulan Mei lalu memiliki jarak yang cukup dekat. 2020 JJ saat itu melewati Bumi dengan jarak hanya 7.000 km dari Bumi.

Selain jaraknya yang sangat mepet, 2020 QG juga mendekati Bumi dengan kecepatan yang tinggi, mencapai 44 ribu km/jam. Objek antariksa ini memiliki ukuran yang terbilang kecil, dengan diameter 3-6 meter atau kurang lebih seukuran mobil SUV.

Karena ukurannya yang sangat kecil, asteroid ini tidak akan membahayakan Bumi jika bertabrakan. Jika memasuki atmosfer, asteroid sebesar ini biasanya akan terbakar habis menjadi puing-puing atau meledak menjadi bola api di angkasa.

“Seandainya menghantam Bumi, itu tidak akan menyebabkan kerusakan signifikan di darat,” kata ESA.

Add a Comment