7 Menu Kopi yang Paling Populer di Kafe, Jangan Salah Pesan

PrimaBerita – Beberapa orang mungkin tidak mengenal menu-menu kopi saat berada di kafe sehingga terkadang menjadi salah pesan. Untuk itu, kenali menu kopi yang paling populer saat di Kafe.

Saat ini popularitas kopi semakin naik. Banyak kafe dan gerai kopi bermunculan dengan beragam menu kopi. Dari yang klasik khas Italia hingga racikan kopi kekinian ala millenial.

Selain jenis minuman kopi makin beragam, kini biji kopi lokal dari berbagai daerah atau single origin juga jadi populer. Selain kopi susu, kopi cold brew jadi minuman trendy kalangan millenial. Meskipun demikian tak semua menu kopi mahal harganya. Ada banyak racikan kopi dengan harga terjangkau.

Berikut 7 menu kopi yang paling populer di kafe :

1. Latte

Kopi latte namanya berasal dari ‘caffelatte’ yang berarti kopi susu. Kopi Latte termasuk minuman kopi klasik dari espresso lalu mencampurkan susu panas dan foam susu pada atasnya. Menambahkan gula atau sirup karamel sesuai dengan selera.

Kopi ini cocok untuk orang yang suka minuman kopi tadi tidak terlalu berat atau pekat rasa kopinya.

2. Cappuccino

Kopi dan susu khas Italia ini jadi minuman kopi terpopuler dunia. Minuman kopi ini terdiri dari dua bahan, espresso dan susu panas hingga berbuih halus.

Nama ‘cappuccino’ sendiri berasal dari ‘caphucin’, topi pada jubah pastur Italia karena warnanya mirip jubah tersebut. Racikan cappuccino dengan perbandingan bahan, 1/3 espresso, 1/3 susu dan 1/3 buih susu atau foam. Rasa kopi dan susunya seimbang.

3. Kopi Susu Gula Aren

Kopi susu gula aren Tergolong minuman kopi baru yang langsung populer. Banyak milenial menyukai karena rasa kopinya tak terlalu berat dan harganya terjangkau.

Paduan espresso dan susu dengan perbandingan yang sesuai dengan selera masing-masing. Lalu menambahkan gula aren, gula merah dari air nira yang harum. Gula ini akan memberi rasa legit dengan aroma wangi gula merah.

Akhir-akhir ini banyak kafe membuat cold brew dari biji kopi lokal pilihan atau house blend. Karena penggemar kopi cold brew mulai banyak. Kopi ini cocok untuk mereka pencinta sejati kopi yang ingin menikmati kopi dengan rasa autentiknya.

4. Cold Brew

Cold Brew adalah kopi yan tidak menggunakan air panas. Melainkan merendam kopi bubuk dengan air bersuhu ruangan selama beberapa jam atau semalaman.

Tujuannya untuk mengeluarkan semua rasa kopi dan menciptakan profil yang berbeda dengan kopi seduh panas. Kemudian mengemas kopi dengan botol-botol kaca dan mendinginkannya dalam lemari es. Beberapa kafe mencampur dengan susu untuk rasa yang lebih ringan.

5. Espresso

Air panas dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi dalam waktu singkat untuk menyiram kopi. Hasil ekstraksi ini berupa air kopi yang menutupnya dengan cream pada permukaannya.

Ada jenis Long espresso atau lungo yang membuat air kopi dengan jumlah kopi dan ekstraksi dua kali lipat dari biasanya. Tentu saja air kopi lebih banyak dan kental atau pekat.

Sebagai dasar campuran minuman kopi lainnya adalah espresso. Biasanya orang menikmati kopi ini dalam gelas mungil tanpa tambahan gula. Saat memesan sebutkan mau yang single shot atau double shot. Satu shot sekitar 30 ml air kopi.

6. Cafe Mocha

Cafe Mocha terbuat dari paduan espresso dan susu kemudian rasa cokelat lalu dengan taburan cokelat bubuk. Namanya berasal dari nama kota Mocha di Yaman.

7. Americano

Merupakan minuman kopi yang terkenal di Italia dan orang Italia menyebut racikan kopi ini sebagai kopi Amerika atau cafe America. Minuman kopi ini terbuat dari espresso yang dilarutkan dengan air tetapi rasanya lebih kuat dari kopi tubruk.

Pekat tidaknya Americano tergantung pada perbandingan antara jumlah shot espresso dengan air. Biasanya 28 ml hingga 455 ml air panas ditambahkan ke double shot espresso. Di Australia minuman ini dikenal dengan nama long black.

Add a Comment