Untuk Memenuhi Energi, Efektifkah Sarapan Pisang di Pagi Hari?

sarapan pisang di pagi hari

PrimaBerita –  Bagi sebagian orang, sarapan buah pisang di pagi hari sudah dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan energinya. Selain karena praktis, buah pisang memang terkenal memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menyadur dari Live Science, buah pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, mineral magnesium, potasium, tembaga, mangan, serta kaya antioksidan. Tetapi setelah melihat ragam nutrisi tersebut, apakah sarapan pisang di pagi hari memang sudah cukup efektif untuk melaksanakan aktivitas selanjutnya?

Seorang ahli gizi dan diet di Amerika Serikat, Dr Daryl Gioffre mengatakan buah pisang dapat memberikan pasokan energi dengan cepat. Tetapi efeknya hanya sementara sehingga tak jarang tubuh masih bisa merasakan lapar setelahnya. Saat tubuh sedang lapar, mengemil menjadi rentan untuk dilakukan.

Baca Juga: Fakta Seputar Sarapan yang Sering Salah Kaprah

Selain itu ahli juga mengatakan bahwa sarapan yang asal-asalan tanpa gizi seimbang juga rentan sekali untuk membuat seseorang berlebihan pada saat makan siang maupun makan malam.

Namun meskipun sarapan buah pisang masih dirasa kurang efektif, bukan berarti anda tak boleh sarapan pisang. Hanya saja disarankan untuk tetap penuhi keseimbangan gizi bila memilih menu sarapan buah pisang. Misalnya makan buah pisang bersama dengan sumber protein atau lemak sehat lainnya. Atau anda juga bisa mengonsumsi buah pisang bersama dengan kacang almond atau jenis kacang-kacangan lainnya.

Lalu pertimbangkan juga pemilihan pisang atau tingkat kematangan buah pisang itu sendiri. Sebab pisang yang belum terlalu matang mempunyai kadar glikemik indeks yang lebih rendah daripada pisang yang sudah matang. Dengan begitu anda bisa sarapan pisang dengan aman, tanpa khawatir akan gula darah yang gampang naik turun.

Sumber Artikel : PrimaDaily.com 

Add a Comment