Saingi China dan Rusia, Amerika Serikat Kenalkan Rudal Hipersonik Baru

Rudal Hipersonik Baru

PrimaBerita – Amerika Serikat (AS) mengungkapkan senjata rudal hipersonik baru andalan sang presiden Donald Trump. Rudal tersebut disebut-sebut sebagai senjata super duper yang sangat canggih. Bahkan senjata hipersonik ini telah menjadi upaya besar AS dalam mengejar ketertinggalannya dari negara Rusia dan China.

Rudal hipersonik dapat didefenisikan sebagai rudal yang mampu melesat setidaknya 5 kali kecepatan suara. Rudal hipersonik juga mampu beroperasi diberbagai ketinggian. Selain itu rudal dapat menempuh lebih dari 3.800 mil/jam. Hal ini memang dianggap sangat manuver sekali.

Baca Juga: Pesawat Tempur F-22 AS Cegat Empat Pesawat Pengintai Tu-142 Rusia

Menyadur dari CNN, untuk pertama kalinya pejabat pentagon mengakui kemampuan dari rudal hipersonik milik AS ini. Dimana digambarkan Trump mampu terbang 17 kali lebih cepat dari kecepatan suara. Bahkan seorang pejabat yang tak ingin disebutkan namanya, pertahanan senior mengatakan bahwa rudal telah diuji coba pada bulan maret lalu. Pengujian juga dinilai sukses.

“Uji penerbangan (rudal) yang telah dilakukan pada maret, dimana kami terbang 17 kali (lebih cepat) dari kecepatan suara,” sebut pejabat tersebut.

Diketahui selama bertahun-tahun rudal hipersonik Amerika masih tertinggal di belakang Moscow serta Beijing yang mana mereka sudah lebih dahulu menerjunkan sistem senjata seperti ini. Oleh karenanya AS mengakui kalau mereka memang perlu mengejar ketertinggalannya dari dua negara di depan mereka. Akan tetapi rudal hipersonik baru kembangan AS ini kemungkinan masih belum dapat diterjunkan hingga tahun 2023 mendatang.

Sebelumnya presiden AS, Trump pernah menggembar-gemborkan rudal yang tengah dikembangkan oleh pentangon. Setidaknya ia mengatakannya dibeberapa kesempatan. Rudal yang dikembangkan oleh AS disebut sebagai rudal super duper yang mampu meluncur 17 kali lebih ceoat dibandingkan rudal apapun yang terdapat di gudang senjata Amerika Serikat.

“Kami punya, saya menyebutnya rudal super. Dan saya mendengar (rudal itu) 17 kali lebih cepat dari yang mereka (USA) miliki sekarang,” kata Trump pada mei lalu.

Add a Comment