Presiden Kim Jong Un Terapkan Lockdown Pertama di Korea Utara

Presiden Kim Jong Un Terapkan Lockdown Pertama di Korea Utara

PrimaBerita – Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un terapkan kebijakan lockdown diseluruh kota Kaesong, Korea Utara, yang mana wilayah ini dekat dengan perbatasan Korea Selatan. Penerapan lockdown tersebut dilakukan oleh karena ditemukannya seseorang bergejala virus corona.

Menurut pemberitaan media setempat (26/07/2020), orang tersebut dinyatakan secara resmi sebagai pasien covid-19. Maka hal ini dinilai menjadi kasus covid-19 pertama yang dikonfirmasi di negara Korea Utara. Sementara itu sebelumnya Korut dengan tegas menyampaikan bahwa di negaranya tak ada satupun terjadi kasus virus corona. Sehingga klaim tidak memiliki satu pun kasus covid-19 di Korea Utara dipertanyakan oleh para ahli luar negeri.

Lihat Juga: Niat Kim Yo Jong Mulai Tercium, Diam-diam Ingin Kudeta Kim Jong Un

Lockdown atau penguncian wilayah yang diumumkan oleh pemerintah Korea Utara pada 24 juli 2020 lalu. Kantor berita pusat Korea membeberkan terkait kasus orang yang dicurigai tersebut. Orang tersebut merupakan seorang pelarian yang pernah melarikan diri beberapa tahun silam ke Korea Selatan.

Menurut pihak KCNA atau kantor berita pusat Korea, melalui sekresi pernafasan serta tes darah yang dilakukan menujukkan kalau orang tersebut diduga sudah terinfeksi covid-19. Dan menurut informasinya juga, orang yang terinfeksi tersebut dibawa pemerintah ke kota Kaesong untuk melakukan masa karantina bersama dengan orang-orang yang memiliki kontak fisik dengannya. Dan karantina telah berjalan selama 5 hari terakhir.

Akan tetapi tindakan lockdown di Korea Utara yang baru pertama sekali dilakukan oleh pemerintahnya, tujuannya adalah tak lain dari upaya perlawanan terhadap penyebaran covid-19. Namun para ahli mengatakan bahwa virus corona di Korut dapat memberikan konsekuensi yang mengerikan. Sebab pasokan peralatan medis yang kronis di sana disebut masih minim.

Add a Comment