Pemerintah Ganti Istilah New Normal Menjadi Adaptasi Kebiasaan Baru

Istilah New Normal Menjadi Adaptasi Kebiasaan Baru

PrimaBerita – Pemerintah kini menggunakan istilah adaptasi kebiasaan baru untuk menggantikan istilah new normal yang kerap digunakan selama pandemi covid-19. Muhadjir Effendy, menko bidang pembangunan manusia dan kebudayaan menyampaikan bahwa kini istilah new normal diganti dengan ungkapan adaptasi kebiasaan baru.

“Soal new normal, setahu saya sudah dipertegas sekarang tidak gunakan new normal. Sekarang istilahnya apa itu adaptasi dengan keadaan yang baru,” seru Muhadjir di kompleks istana kepresidenan di Jakarta (13/07/2020).

Menurutnya istilah new normal maupun lockdown tidak sesuai dengan undang-undang. Ia menjelaskan apabila merujuk kepada UU No 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, saat ini Indonesia seharusnya masuk ke dalam masa transisi rehabilitasi sosial ekonomi serta rekonstruksi sosial ekonomi.

Baca Juga: Achmad Yurianto Curhat Dijuluki Sebagai Pembawa Berita Kematian Covid-19

Akan tetapi Muhadjir Effendy menuturkan istilah tersebut adalah tidak diperuntukkan untuk menggambarkan bencana non-alam. Ia menyebut seperti pandemi virus corona. Maka untuk itu, menurut dia undang-undang penanggulangan bencana akan segera direvisi.

“Atas inisiatif DPR Komisi VIII, maka UU 24/2007 ini akan segera direvisi dengan seiring perkembangan yang ada ini. Terutama karena kita sudah alami bencana wabah non-alam ini,” kata Muhadjir Effendy.

Selain itu menurut Muhadjir Effendy, undang-undang yang direvisi tersebut nantinya akan menetapkan istilah yang sesuai dengan situasi sekarang ini. Sehingga menko bidang pembangunan manusia dan kebudayaan meminta pergantian istilah new normal bukanlah sesuatu hal yang diributkan lagi.

“Jadi istilah new normal, lockdown itu memang enggak sesuai UU. Sehingga kita kalau gunakan harus hati-hati. Termasuk juga dengan adaptasi baru itu,” ujarnya.

Senada demikian, Achmad Yurianto selaku juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 juga mengakui bahwa istilah new normal merupakan sebuah diksi yang salah. Pria yang akrab disapa Yuri tersebut mengatakan kalau pemerintah menggunkan istilah adaptasi kebiasaan baru.

Sebab istilah new normal sendiri dianggap membingungkan masyarakat. Karena istilah new normal dapat diartikan dengan kembali beraktivitas seperti biasa tanpa harus memperhatikan protokol kesehatan.

Add a Comment