Minum Susu Mentah Bisa Sebabkan Penyakit?

minum susu mentah

PrimaBerita – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ketika minum susu mentah akan bisa sebabkan penyakit. Padahal susu sapi segar sering dianggap sebagai minuman yang paling sehat. Karena bisa diminum dingin dan mentah atau tanpa dimasak terlebih dahulu.

Menurut informasi yang diperoleh dari Indian Express, sebuah penelitian menemukan bahwa minum susu mentah (tanpa dimasak) bisa menimbulkan beberapa penyakit. Selain itu susu mentah disebut sebagai sumber infeksi bakteri di dalam tubuh manusia.

Baca Juga: Ini Manfaat Susu Kambing Etawa Asli Bagi Ibu Hamil Muda

Lewat penelitian yang dilakukan di Universitas California Davis terhadap 2 ribu sampel susu, termasuk susu mentah. Dijumpai bahwa susu mentah mempunyai prevalensi paling tinggi mikroba resisten antibiotik ketika dibiarkan pada suhu kamar. Bakteri dengan gen yang kebal antimikroba disebut apabila ditularkan ke patogen maka berpotensi menjadi superbug.

“Namun para peneliti menyatakan bahwa penelitian ini tidak memiliki niat untuk menakut-nakuti orang, melainkan untuk mendidik mereka. Jika anda ingin terus minum susu mentah, simpanlah di lemari es anda. Untuk meminimalkan resiko berkembangnya bakteri dengan gen yang kebal atibiotik,” cetus Jinxin Liu, seorang peneliti postdoctoral departemen Ilmu & Teknologi Pangan Univesity of California Davis.

Dengan demikian lewat hasil studi tersebut telah menunjukkan bahwa dengan adanya penyalahgunaan suhu terhadap susu mentah maka mampu menumbuhkan bakteri dengan gen resitensi antimikroba.

“Studi kami menujukkan bahwa dengan penyalahgunaan suhu dalam susu mentah, baik disengaja atau tidak, dapat menumbuhkan bakteri ini dengan gen resistensi antimikroba,” Jay-Russell melanjutkan, yang juga merupakan seorang peneliti di UC Davis.

Maka terkait hal mengonsumsi susu mentah yang dapat memicu penyakit, Jay-Russel menyebutkan bakteri dengan gen resistensi antimikroba tersebut tidak hanya akan merusak. Ia mengatakan bila tidak ditangani secara benar maka beresiko akan sangat tinggi bagi tubuh.

Add a Comment