Masa Pandemi Adalah Waktu Pas Untuk Beli Rumah, Ini Alasannya

Waktu Pas Untuk Beli Rumah

PrimaBerita – Masa pandemi seperti sekarang adalah waktu yang pas untuk beli rumah. Mengapa? Mengutip dari data BI, indeks harga properti residensial turun -1,68% dibandingkan dengan kuartal keempat di tahun 2019 yang turun -1,77%.

Melihat kondisi ini justru masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mengambil rumah terutama yang menggunakan skema KPR.

“Jadi ini bisa dipikirkan juga. Ini time to buy properti saat harga sedang melambat, karena harga properti itu akan terus naik sehingga dapat dijadikan investasi,” ungkap direktur konsumer bisnis BNI, Corina Leyla secara virtual.

Baca Juga: Harga Emas Antam Per 23 Juli Berada Pada Posisi Rp 977 Ribu Per Gram

Tak hanya harga yang lebih murah, menurut Corina saat pandemi covid-19 mewabah telah membuat masyarakat tidak mengeluarkan uang untuk jalan-jalan atau hangout dan sejenisnya. Sebab pemerintah menghimbau terutama dalam beberapa bulan belakangan untuk menerapkan physical maupun social distancing demi mengurangi penularan virus.

Untuk itulah Corina menyebut yang tadinya digunakan untuk dana travelling kini dapat dialihkan untuk membeli properti baru.

“Apalagi, kondisi perlambatan harga akan berlanjut ke kuartal II,” katanya.

Maka dengan demikian saat ini disebut sebagai waktu yang pas bagi masyarakat untuk beli rumah. Jika semakin menunda-nunda maka harganya akan semakin naik. Bahkan semakin sulit pula mendapatkan properti idaman.

Begitupun sebelum berinvestasi, Corina memaparkan tips kepada masyakarat terutama generasi milenial yang memiliki niat untuk membeli sebuah rumah.

“Pilihlah bank dengan reputasi baik. Jangan terjebak penawaran bunga murah dan jika kesulitan di down payment (DP), maka cari bank yang memberi DP ringan,” papar dia.

Selain itu tips lainnya yaitu jangan lupa untuk menentukan cicilan KPR berdasarkan kemampuan bayar calon pembeli. Seseorang bisa memanfaatkan promo maupun fitur yang diberikan oleh pihak bank dalam kemudahan pembayaran cicilan. Kemudian sediakan terkait dokumen-dokumen lengkapnya sesuai dengan kebutuhan.

Add a Comment