6 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Bau Ketiak

Cara Mengatasi Bau Ketiak

PrimaBerita – Bau ketiak memang menggangu penampilan. Meski terdengar sepele namun beberapa orang menjadi tidak percaya diri karena aroma yang tidak sedap dari ketiak. Untuk mengatasi bau ketiak ada beberapa cara yang harus dilakukan.

Untuk diketahui, bau ketiak dihasilkan oleh satu dari dua jenis kelenjar keringat yang menutupi tubuh. Kelenjar apokrin yang mengandung banyak folikel rambut berada di pangkal paha dan ketiak. Sedangkan kelenjar ekrin berada di sebagian besar permukaan kulit.

Mengutip Healthline, tubuh yang memanas mendorong kelenjar ekrin melepas keringat untuk mendinginkan tubuh. Keringat di ketiak bisa menimbulkan bau dan menyimpan bakteri yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Berikut 6 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Bau Ketiak

1. Jaga kebersihan

Sepotong kalimat ‘jaga kebersihan’ memang terdengar klise. Namun, kalimat ini ampuh untuk menangkis bau tak sedap dari ketiak.

Anda disarankan untuk mandi secara teratur sebanyak dua kali dalam sehari. Usahakan tidak menggunakan air panas. Sebab, air panas hanya akan membuat tubuh semakin berkeringat. Jangan lupa juga gunakan handuk bersih dan kering sehabis mandi.

2. Batasi konsumsi makanan pedas

Ada jenis makanan tertentu yang tanpa sadar menimbulkan bau ketiak. Salah satunya adalah makanan dengan rasa pedas.

Makanan pedas disebut dapat memicu produksi keringat, apalagi jika ditambah dengan konsumsi bawang putih dan bawang bombay.

3. Perhatikan bahan pakaian

Pilihan busana pun turut menjadi salah satu faktor bau ketiak. Pilih busana dari serat alami seperti wol, sutera, atau kapas (katun) agar kulit bisa ‘bernapas’.

Dengan kain yang benar, keringat bisa berevaporasi dengan cepat dan tak membikin bakteri betah untuk tinggal di dalamnya.

Selain itu, pastikan pula kenakan pakaian bersih setiap hari.

4. Pangkas bulu ketiak

Tak ada salahnya mengurangi atau memangkas habis bulu ketiak. Studi pada 2016 menemukan, mencukur bulu ketiak secara signifikan mampu mengurangi bau. Pasalnya, membersihkan ketiak tanpa bulu dirasa lebih efektif.

5. Manfaatkan lemon

Ada cara alami yang bisa diterapkan untuk mengusir bau ketiak. Ambil setengah buah lemon dan gosokkan langsung ke ketiak. Kemudian, biarkan air lemon mengering lalu bilas dengan air bersih.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, campur perasan lemon dengan sedikit air dan balurkan pada ketiak.

Dikutip dari Stylecraze, lemon mengandung asam tinggi dan bersifat antibakteri. Air lemon membantu menurunkan tingkat keasaman kulit ketiak dan membuatnya tak mampu jadi habitat bakteri penyebab bau.

6. Deodoran atau antiperspirant

Sebelum bepergian, baiknya gunakan deodoran atau antiperspirant. Deodoran berfungsi untuk mencegah bau pada ketiak tanpa memblok keringat. Sedangkan antiperspirat membantu mengurangi volume keringat dengan memblok pori-pori kulit.

Anda bisa menggunakan salah satu atau keduanya tergantung mana yang lebih menunjukkan hasil positif.

Add a Comment