3 Kapal Pesiar Akan Dihadirkan ke Kawasan Danau Toba

kapal pesiar dihadirkan ke danau toba

PrimaBerita – Guna menambah daya tarik wisatawan serta menjaga pengakuan dunia karena Geopark Kaldera Toba (GKT) kini telah menjadi bagian dari Unesco Global Geopark, manajemen GKT merencanakan kapal pesiar akan dihadirkan ke kawasan Danau Toba.

Hidayati, General manajer Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba melihat bahwa kehadiran kapal pesiar nantinya akan meningkatkan performa kepariwisataan bagi Sumatera Utara. Sehingga dengan adanya kapal pesiar, wisatawan dapat mengenal situs dinding kaldera. Hal ini pasti menarik dimana situs ini juga direncanakan akan dikemas ke dalam satu story telling.

Sebab selama ini menurut Hidayati kapal pesiar hanya melihat alam tanpa adanya story telling.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Pergi Liburan ke Labuan Bajo?

“Di kapal pesiar itu nanti membahas, bercerita tentang kearifan lokal, kebudayaan, dinding kaldera yang punya situs tersendiri. Ini akan lebih menarik,” katanya.

Namun untuk pengadaan kapal pesiar di Danau Toba, pihaknya telah mengusulkannya ke BPODT (Badan Penyelenggara Ororita Danau Toba) dan juga ke pemrovsu.

“Keinginan kami ada 3 kapal pesiar yang membawa wisatawan dari Taput, Tongging, dan Parapat serta Samosir. Feedback dari kegiatan ini akan mendatangkan pendapatan asli daerah dan mensejahterakan masyarakat. Teknis dan regulasinya nanti akan dibahas bersama,” ungkapnya.

Selain kapal pesiar yang rencananya akan dihadirkan ke kawasan Danau Toba, Hidayati juga mengaku akan membuat laboratorium alam sumber vulkano. Laboratorium tersebut bertujuan untuk menghadirkan batuan yang ada di sekitaran kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

“Mungkin ini bisa menjadi satu langkah awal menarik investor untuk dapat membangun laboratorium tersebut. Sampai saat ini kami belum ada melihat adanya investor untuk itu,” ujar Hidayati.

Pun demikian, hal ini juga disampaikan Hidayati demi menambah satu ikon baru bagi dunia jika situs geologi dikemas dengan baik.

“Ada potensi dengan memiliki laboratorium alam. Situs geologi yang ada akan menarik wisatawan apabila dikemas dengan baik. Ini akan membuat satu ikon baru di dunia, yaitu supervolkano,” jelasnya lagi.

Add a Comment