Sudah Tahu? 5 Negara Ini Tidak Memiliki Bandara

negara tidak memiliki bandara

PrimaBerita – Meski disebut sebagai negara berdaulat, nyatanya masih ditemukan beberapa negara yang tidak memiliki bandara. Setidaknya ada 5 negara yang masih mengandalkan bandar udara negara tetangganya. Apa saja negara tersebut, berikut rangkumannya.

– Monako

Monako dikelilingi oleh negara Prancis dan Laut Mediterania dan disebut sebagai negara terkecil kedua di dunia. Tapi jangan khawatir untuk bisa sampai ke sini meski tidak ada bandara. Wisatawan yang datang bisa mendarat di bandara Nice, Prancis lalu melanjutkan perjalanan ke Monako dengan kendaraan yang tersedia.

Lihat Juga: Mau Liburan Murah ke Luar Negeri? Kunjungi 5 Negara Ini

– Vatikan

Sebagai negara merdeka, Vatikan adalah salah satu negara di dunia yang tidak memiliki bandara. Padahal Vatikan kerap dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara. Tapi mengapa tidak membangun bandara di wilayahnya?

Alasannya yaitu karena Vatikan dilingkupi oleh Roma yang merupakan negara bagian Italia. Sementara itu Roma mempunyai 2 bandara internasional yang lokasinya juga tidak jauh dari Vatikan. Itulah mengapa bandara tidak dibutuhkan di sini.

– San Marino

San Marino yang berbatasan juga dengan Italia tak beda jauh dengan Vatikan. Di wilayah San Marino sendiri tidak ada berdiri bandar udara (bandara). Pun demikian negara ini tak mempermasalahkan ketidakadaan fasilitas bandara. Tetapi untuk sampai ke San Marino, turis bisa mendarat di bandara internasional Federico Fellini, yang lokasinya tak jauh dari San Marino.

– Andorra

Negara ini diapit oleh Prancis dan Spanyol. Tentu karena Andorra tidak memiliki bandara, diketahui setidaknya ada lima bandara di Prancis dan Spanyol yang berdekatan dengan Andorra. Anda harus menempuh ke Prancis atau Spanyol dahulu untuk melanjutkan perjalanan darat ke Andorra.

– Liechtenstein

Liechtenstein disebut sebagai negara terkecil di dunia yang letaknya ada di perbatasan Jerman dan Austria. Dan mungkin itu sebabnya negara ini tak terlalu memusingkan ketidakadaan fasilitas bandara.

Dan untuk mencapai negara ini, para pelancong bisa melewati negara tetangganya lebih dulu. Bandara yang terdekat dengan Liechtenstein adalah bandara St Gallen Altenrhein di Swiss.

Sumber : primadaily.com

Add a Comment