Melahirkan Ditengah Wabah Corona, Mending Normal atau Operasi Sesar?

melahirkan ditengah wabah corona

PrimaBerita – Melahirkan ditengah wabah corona tengah menjadi sebuah momok ketakutan bagi pada ibu hamil. Pasalnya virus corona memang menimbulkan banyak kasus diberbagai negara. Per hari ini 5 juni 2020, data kasus virus corona di Indonesia yang terkonfirmasi sudah mencapai 29.521 kasus.

Ada pertambahan sebanyak 703 kasus dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Yang meninggal dunia akibat covid-19 sudah mencapai angka 1.770 jiwa. Pun demikian, kasus yang sembuh juga bertambah sebanyak 551 orang sehingga menjadi 9.443 pasien sembuh. Melihat hal inilah yang menyebabkan kekhawatiran serta dilema bagi pada ibu hamil yang waktu melahirkannya diprediksi sudah dekat.

Ahli juga masih mempelajari bagaimana covid-19 menyebabkan kerentanan bagi para bumil. Mereka juga percaya bahwa perubahan sistem imunitas saat hamil dapat membuat bumil mudah terserang penyakit virus corona. Kendati demikian, muncul sebuah pertanyaan tentang mana yang terbaik untuk melahirkan ditengah wabah virus corona.

Seorang dokter kandungan, dr Dinda Dermaeisya dari RS Ibu & Anak Brawijaya mengatakan indikasi persalinan harus sesuai dengan aturan medis. Bila ibu dan bayi dalam kandungan normal maka persalinan dilakukan proses normal saja. Tak ada indikasi yang mengharuskan seseorang harus melahirkan secara sesar.

Baca Juga: Najwa Shihab Sakit, Doa Mengalir Agar Cepat Pulih

“Pandemi ini sebenarnya nggak ada indikasi untuk melahirkan secara caesar. Jadi indikasi persalinan sesuai dengan medis saja, dari ibu dan bayi kalau semuanya normal bisa dilakukan persalinan secara normal,” terang dr Diana (05/06/2020).

Ia juga menambahkan bila bumil yang hendak melakukan persalinan secara normal sebaiknya melaksanakan screening corona terlebih dulu.

“Dilakukan screening terlebih dahulu, jadi ketika memasuki kehamilan ke-37 atau 38 minggu, akan dilakukan pemeriksaan covid-nya. Tergantung dari fasilitas kesehatan masing-masing,” dr Diana melanjutkan.

Pemeriksaan tersebut berguna untuk dilakukan baik melalui proses melahirkan dengan operasi sesar maupun normal.

Add a Comment