Makanan dan Minuman Ini Enak Namun Bisa Buat Uring-uringan

makanan buat uring-uringan

PrimaBerita – Alih-alih ingin meningkatkan mood (suasana hati), beberapa makanan dan minuman favorit justru bisa buat seseorang menjadi uring-uringan. Pasalnya, makanan yang paling disukai kebanyakan orang sering tidak memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh.

Gagasan tentang makanan dan minuman enak mampu mengembalikan suasana hati menjadi lebih tenang memang tak bisa dipungkiri. Mengutip dari Huffington Post, salah satu hal disebut berkontribusi bagi suasana hati yaitu kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat.

“Salah satu hal yang berkontribusi terhadap suasana hati yang buruk adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan karbohidrat,” kata ahli nutrisi Claudia Smith.

Baca Juga: Biasa Disajikan di Hotel, Apa Sih Continental Breakfast?

Namun lonjakan gula darah akan mampu menimbulkan gejala yang buruk seperti kecemasan, kabut otak, hingga kesulitan untuk berkonsentrasi. Dengan demikian, makanan dan minuman berikut ini perlu anda hindari ataupun anda kurangi kebiasaannya. Karena justru dapat memperburuk suasana hati anda.

Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan camilan yang memiliki sangat banyak penggemar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak jarang pula kentang goreng selalu disajikan dalam setiap suasana.

Tetapi, kentang goreng dipenuhi dengan lemak jenuh serta garam yang berlebihan dan karbohidrat olahan. Dan hal ini dapat meningkatkan kadar glukosa darah jika secara terus-terusan dikonsumsi.

Minuman Soda

Minuman bersoda sudah banyak dijumpai di pasaran, terutama di pasar-pasar modern. Minuman ini juga sangat difavoritkan bagi sejumlah kalangan, terutama kalangan muda.

Akan tetapi soda adalah minuman yang mengandung gula yang dapat diserap tubuh secara cepat. Oleh karena itu bisa menyebabkan gula darah seseorang mengalami lonjakan yang diikuti dengan rasa lelah.

Makanan Olahan

Makanan enak yang satu ini bisa buat seseorang menjadi uring-uringan. Sebab berbagai makanan olahan seperti sosis, keripik, nugget, dsb dapat memperburuk suasana hati. Makanan tersebut juga diketahui mengandung bahan pengawet, gula rafinasi, dan juga lemak jenuh. Dimana bisa memicu rasa kelelahan dan berkurangnya motivasi akibat tabrakan energi.

Kafein

Minuman berkafein seperti kopi dapat membantu melepaskan hormon serotonin dan dopamin yang bisa menimbulkan perasaan senang. Dan minuman ini juga tak menimbulkan dampak apapun bila dikonsumsi dengan batas wajar.

Karena jika mengonsumsi secara berlebihan maka kafein kerap membuat seseorang menjadi cemas, dan menyebabkan agitasi serta iritabilitas.

Alkohol

Sebenarnya mengonsumsi minuman-minuman yang mengandung alkohol secara teratur dan berlebihan dapat memperburuk suasana hati. Meski kadang kebiasaan seseorang mengonsumsi hal ini adalah kesenangan baginya.

Add a Comment