Luhut Sebut Indonesia Bakal Menjadi Produsen Terbesar Baterai Mobil Listrik

Indonesia Bakal Menjadi Produsen Terbesar Baterai Mobil Listrik

PrimaBerita – Luhut Binsar Panjaitan, Menko bidang Kemaritiman dan Investasi menyebutkan kalau Indonesia bakal menjadi produsen terbesar baterai lithium pada tahun 2026 mendatang. Luhut juga menuturkan bahwa produksi baterai lithium di Indonesia diadakan pada tahun 2024.

Sejalan dengan perihal tersebut dijelaskan Luhut, RI mempunyai cadangan mineral yang cukup untuk menjadi pemain kunci dalam industri baterai lithium. Dengan sisi lain yang dilihat yaitu Eropa pada tahun-tahun mendatang akan menggenjot pengunaan kendaraan listrik. Nah dengan demikian itu artinya kebutuhan baterai lithium ini tentunya akan besar pula.

Baca Juga: Melihat Avanza Buatan Indonesia Yang Dijadikan Taksi di Ethiopia

“Indonesia memiliki cadangan mineral yang cukup menjadi pemain kunci di industri baterai lithium. Kenapa lithium menjadi penting? Tahun 2027 nanti ada google, tahun 2030 Eropa nggak ada mobil seperti sekarang combustion car semua harus lithium baterai harus mobil listrik,” ujar Luhut Panjaitan pada sebuah webinar (28/06/2020).

Sehingga terkait dengan Indonesia yang bisa saja bakal menjadi produsen terbesar dalam produksi baterai lithium, Luhut berharap agar semuanya berjalan dengan baik di tahun 2024 yang akan datang.

“Akibatnya apa Indonesia akan menjadi produsen lithium baterai salah satu terbesar di dunia tahun 2026 – 2027. Karena kita berharap kalau semua berjalan baik tahun 2024, kita akan produksi lithium baterai dengan teknologi terakhir apa yang disebut 811,” jelas Luhut.

Dikatakannya lagi nantinya dalam produksi baterai ini LG akan berkerja sama dengan CATL (Contemporary Amperex Technology). Sebab LG Hyundai telah membuat kendaraan roda empatnya di Indonesia.

“Dengan siapa kita kerja sama, kita kerja sama LG dan CATL. Karena tadi LG Hyundai membuat mobilnya di Indonesia,” pungkas Luhut.

Add a Comment