Lagi, Gempa Bumi Magnitudo 4 Guncangkan Sabang Aceh

Gempa Magnitudo Guncangkan Sabang Aceh

PrimaBerita – Gempa Bumi Magnitudo 4,4 guncangkan Sabang Aceh. Gempa tersebut menjadikan warga Sabang berlarian ke luar rumah saat terjadi gempa. Goyangan gempa dirasakan sekitar 10 detik.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi magnitudo yang guncangkan Kota Sabang Aceh terjadi sebanyak tiga kali dalam waktu sejam. Pertama pukul 17.56 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,4. Gempa kedua pukul 18.08 WIB bermagnitudo 4,0.

Sedangkan gempa terakhir terjadi pukul 18.52 WIB bermagnitudo 3,3. BMKG menginformasikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter-nya, @infoBMKG, kembali melaporkan gempa di Sabang yang kali ini terjadi pukul 18.52 WIB, Kamis (18/6/2020). Pusat gempa ada di koordinat 5,76 Lintang Utara (LU) dan 95,27 Bujur Timur (BT).

Titik gempa ada di kedalaman 5 km. Pusat gempa berada di laut, 15 km barat daya Kota Sabang.

Getaran gempa dilaporkan dirasakan skala MMI II di Sabang. Skala MMI II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Gempa terjadi dua kali. Tapi yang pertama guncangannya terasa lebih kuat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Sabang, M Amin, Kamis (18/6/2020).

Menurutnya, warga berlarian ke luar rumah saat gempa pertama terjadi pada pukul 17.56 WIB. Gempa terasa lebih kuat di wilayah Keunekai.

“Hentakan gempa pertama terasa sekitar 10 detik. Gempa kedua tidak terasa karena warga sudah beraktivitas lagi,” jelas Amin.

Tim BPBD saat ini sedang berpatroli ke wilayah pesisir. Untuk sementara, belum ada laporan kerusakan terkait gempa tersebut.

“Gempa hari ini alhamdulillah tidak ada apa-apa. Tidak berdampak apa-apa,” ujarnya.

Add a Comment