Kumpulan Gambar Ucapan Hari Lahir Pancasila 2020

Gambar Ucapan Hari Lahir Pancasila 2020

PrimaBerita – Kumpulan gambar ucapan selamat hari lahir Pancasila 1 Juni 2020 ini bisa anda unduh untuk dibagikan kepada teman-teman anda. Pada tahun ini, Hari Lahir Pancasila jatuh pada Senin (1/6/2020) hari ini.

Hari Lahir Pancasila adalah hari di mana Pancasila pertama kali diperdengarkan kepada khalayak umum. Pada saat tanggal 1 Juni silam, Presiden Soekarno berpidato di hadapan BPUPKI mengusulkan nama dasar negara kita dengan nama Pancasila.

Kemudian Pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno tahun 1945. Hari lahirnya Pancasila diawali dengan adanya Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang mengadakan sidang pertama.

Rumusan Pancasila berdasarkan pidato Bung Karno dirapatkan di gedung Chuo Sangi In, Jalan Pejambon 6 Jakarta yang kini dikenal sebutan Gedung Pancasila.

Kemudian setelah melewati rapat dan lain-lain akhirnya Pancasila disahkan sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945 oleh BPUPKI. Untuk itu setiap  tanggal 1 Juni, di Indonesia diperingati sebagai hari kelahiran Pancasila.

Pancasila adalah dasar ideologi-ideologi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskertapañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada alinea ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945.

Berikut Kumpulan Gambar Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020

    

Add a Comment