Hasil Survei Kepuasan Presiden Jokowi Tangani Virus Corona

Hasil Survei Kepuasan Presiden Jokowi Tangani Virus Corona

PrimaBerita – Hasil survei kepuasan masyarakat terhadap kinerja presiden Jokowi dinilai menurun dalam menangani penyakit virus corona yang mewabah di Indonesia. Penurunan tersebut mencapai 66,5% dibading temuan awal covid-19 pada bulan februari yang lalu yakni sebesar 69,5%.

Hal tersebut dilihat dari hasil survei terhadap indikator politik Indonesia. Dan untuk menanggapinya, tenaga ahli utama KSP Donny Gahral menuturkan penurunan kepuasan adalah hal yang wajar. Menurutnya dalam kondisi normal, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah bisa naik dan bisa saja turun.

Lihat Juga Akhyar Nasution: Kalau Tidak Mau Pakai Masker Lebih Baik Diam Saja

“Saya kira itu wajar, pasti ada penurunan. Dalam kondisi normal saja kepuasan itu bisa naik turun apalagi dalam kondisi seperti ini,” imbuh Donny Gahral (08/06/2020).

Meski begitu Donny juga mengatakan kalau angka penurunannya tidak terlalu signifikan sebab pemerintah sudah melakukan upaya semaksimal mungkin dalam menangani kasus covid-19.

“Ya masih dalam jalur, masih dalam koridor. Tapi penurunan tidak terlalu signifikan. Tanda bahwa pemerintah sudah bekerja dengan maksimal,” ujar dia.

Menurut Donny sendiri hasil survei terhadap kepuasan kinerja presiden Jokowi dinilai merupakan hal yang umum atau biasa.

“Penurunan itu kan ekspektasi publik ekonomi pasti akan baik. Tapi dalam kondisi seperti ini, tentu saja tidak mudah meningkatkan kondisi perekonomian. Tapi dilakukan pemerintah sudah maksimal mengingat pertumbuhan kita masih positif. Insentif sosial kan sudah diberikan, menjaga mereka yang terdampak. Saya kira nggak ada masalah,” jelas Donny.

Pun demikian ia mengaitkan penilaiannya dengan bantuan sosial yang tidak tepat sasaran. Donny menyebut hal tersebut terjadi lantaran masih ada wilayah yang belum menyelesaikan perbaikan data-data dari penerima bantuan sosial (bansos).

“Saya kira, presiden sudah mengatakan bantuan sosial harus tepat sasaran. Tolong daerah dibantu pusat, itu terus memperbaiki data. Update supaya data itu menjadi basis pemberian bansos yang bisa dipertanggungjawabkan. Ya itu masukan bagus buat pemerintah untuk mereformasi sistem pendataan bansos. Sekarang sudah mulai ada perbaikan,” katanya lagi.

Add a Comment