Gara-gara Humor Gus Dur dan Dianggap Menyinggung, Netizen Ini Diperiksa Polisi

Gara-gara Humor Gus Dur

PrimaBerita – Seorang netizen di Maluku Utara, Ismail Ahmad terpaksa harus berurusan dengan polisi lantaran mengunggah humor Gus Dur pada akun facebooknya, jumat (12/6). Menurut pengakuannya, ia tertarik karena dianggap lucu olehnya.

“Hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia: patung polisi, polisi tidur, dan jenderal Hoegeng,” begitu tertulis leluconnya.

Baca Juga: Wanita Hamil Dianiaya Suami Saat Meminta Uang Berobat Anak

Rupanya lelucon tersebut sontak dianggap menyinggung institusi aparat kepolisian. Alhasil Ismail diperiksa terkait kasus ini. Aparat merasa harus memeriksa motif dari pengunggah lelucon tersebut. Dirinya dijemput oleh pihak Polres Kepulauan Sula untuk dimintai keterangan.

Selama 3 jam lamanya Ismail dimintai keterangan oleh petugas sebelum dirinya diperbolehkan pulang ke rumahnya. Akan tetapi tidak terputus sampai di situ saja. Ismail Ahmad diwajibkan untuk melapor setiap hari ke kantor polisi. Selain itu Ismail juga telah melakukan konferensi pers terkait penuturan permintaan maaf atas unggahannya di sosial media pada selasa lalu (16/6).

“Saya selaku pribadi, memohon maaf yang sebesar-besarnya atas postingan saya di media sosial facebook yang menyinggung instansi maupun masyarakat,” kata Ismail dalam keterangan pers tersebut, seperti yang dikutip melaui laman pojoksatu.

Meskipun sudah melakukan permintaan maaf melalui konferensi pers, rupanya kejadian ini memancing reaksi publik. Hal ini karena polisi dianggap terlalu sensitif bahkan untuk urusan yang dianggap publik adalah sepele.

Putri alm KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sendiri dalam sebuah cuitan di twitter, Anita Wahid juga diketahui mengunggah humor Gus Dur. Ia mengatakan bahwa apakah dirinya akan diperiksa setelah mengunggah unggahannya di sosial media.

“Kalo aku unggah ini, aku bakal diperiksa nggak?” seloronya.

Bahkan Anita Wahid juga merasa heran mengapa pihak kepolisian terlalu mempersoalkan motif si pengutip lelucon yang mengunggah ke sosial media. Sementara ayahnya sendiri tidak dipertanyakan sebagai pembuat humor.

Add a Comment