6 Manfaat Minum Susu pada Malam Hari Sebelum Tidur

PrimaBerita –  Sudahkah anda mengetahui baik atau buruknya minum susu sebelum tidur atau bahkan manfaat yang didapat oleh tubuh?. Setiap orang pasti memiliki cara dan waktu yang berbeda-beda dalam meminum susu. Namun pada umumnya susu diminum saat pagi hari karena kandungan nutrisi sudah dapat memenuhi kebutuhan aktivitas harian.
Siapa yang menyangka, tidak sedikit orang minum susu pada malam hari sebelum tidur. Apakah kandungan nutrisinya masih sama saat diminum pada malam hari?.
Susu mengandung berbagai nutrisi esensial bagi tubuh manusia. Susu mengandung protein dengan sembilan asam amino esensial serta mineral seperti fosfor, iodin, kalsium, potassium dan kalsium — yang diperlukan untuk menjaga kesehatan berbagai fungsi organ tubuh.
Susu juga kaya akan vitamin A, B2, B12 dan D yang sangat diperlukan oleh mata, kulit, sistem imun serta penyerapan kalsium tulang.

Selain itu, susu mengandung enzim niacin yang berguna dalam metabolisme glukosa dan lemak. Susu juga dapat dikonsumsi dengan tambahan gula ataupun dalam bentuk produk olahan lainnya seperti keju dan yogurt, namun kandungan nutrisi dan kalori bahkan manfaatnya bisa berbeda dengan yang disajikan dalam bentuk cair murni.

Berikut manfaat minum susu pada malam hari sebelum tidur :

1. Menaikkan berat badan

Bagi anda yang sedang program ingin gemuk, ada baiknya menjadikan minum susu sebelum tidur menjadi kebiasaan. Namun bagi ada ynag sedang program diet sebaiknya tidak perlu minum susu sebelum tidur.

Hal tersebut terjadi karena susu mengandung gula laktosa yang akan diproses sama persis seperti gula lainnya saat diserap oleh tubuh.

Jika susu dikonsumsi dalam jumlah banyak atau terlalu berdekatan dengan waktu tidur berat badan bisa menjadi naik, lho. Selain itu konsumsi susu terlalu banyak setelah makan malam dapat memicu rasa mual.

Susu tetap aman dikonsumsi sebelum waktu tidur malam jika tanpa tambahan kalori dari gula dan dalam jumlah yang sedikit atau sekitar satu gelas (240 ml).

Kebiasaan konsumsi lebih dari jumlah tersebut dapat memicu kenaikan badan secara signifikan bahkan hanya dalam hitungan minggu, terutama jika Anda kurang aktif bergerak pada siang harinya.

2. Tidur Jadi lebih nyenyak

Kandungan asam amino dari susu seperti triptofan dapat menenangkan sel saraf untuk membantu relaksaso tubuh dan otal. Sehingga menajdikan anda lebih nyenyak utnuk tidur.

Untuk diketahui, Triptofan dapat membantu meringankan gejala insomnia, meski hanya dalam jumlah sedikit.

3. Mengatasi Lapar tengah malam

Perut kelaparan saat tengah malam tentu saja akan menggangu tidur nyenyak anda. Namun saat anda mengonsumsi susu sebelum tidur menjadikan lapar tengah malam teratasi.

Susu kaya akan protein dan bahan nutrisi lainnya yang mampu mencegah lapar dan dapat mempertahankan kadar gula darah sehingga mengurangi risiko Anda untuk terbangun dari tidur malam karena rasa lapar.

4. Menjaga Energi dalam Tubuh

Nutrisi susu yang diserap selama Anda tertidur akan tersimpan untuk digunakan saat pagi hari ketika Anda terbangun. Efek penyimpanan energi ini membuat Anda lebih bertenaga dengan kondisi fisik dan mental yang siap beraktivitas begitu bangun pagi.

5. Melancarkan Sistem pencernaan

Minum susu sebeum tidur dapat membantu usus lebih aktif pada malam hari, sehingga baik dalam melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu, minum susu juga diketahui dapat mencegah sembelit dan masalah saluran pencernaan lainnya.

6. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Susu kaya akan protein, vitamin D, dan kalsium yang diperlukan untuk regenerasi jaringan tulang dan otot yang mengalami kerusakan setelah beraktivitas. Saat anda tertidur, tubuh akan memproses nutrisi dari makanan atau minuman yang diperoleh untuk memperbaiki jaringan tulang dan otot.

Add a Comment