Tips Membuat Ketupat Agar Tidak Mudah Basi

Tips Membuat Ketupat Agar Tidak Mudah Basi

PrimaBerita – Membuat ketupat agar tidak mudah basi adalah sebuah hal yang perlu dicermati saat menyambut hari raya lebaran. Terutama dengan kondisi saat ini, dimana pandemi virus corona masih terus menginfeksi sehingga orang-orang harus menjaga jarak untuk sementara waktu.

Ketupat adalah sebuah kudapan tradisional Indonesia yang berbahan dasar beras yang dibungkus dalam anyaman pelepah kelapa, umumnya disajikan saat momen lebaran/hari raya idul fitri. Dan sebagai informasi tambahan, ketupat mampu bertahan hingga dua atau tiga hari setelah dimasak. Terlebih jika disimpan di dalam kulkas. Oleh karena itu, cobalah mengikuti tips di bawah ini.

Tips Membuat Ketupat Agar Tidak Mudah Basi

Memilih Daun Kelapa Yang Masih Muda

Tips yang pertama membuat ketupat agar tidak mudah basi adalah memilih daun kelapa. Pilihlah daun kelapa yang masih muda dan tampak segar. Biasanya warna daun adalah kuning muda kehijauan.

Pasalnya tips ini cukup mempengaruhi hasil ketupat menjadi lebih bersih dan putih. Selain itu ketimbang daun yang sudah tua, daun kelapa yang masih muda dapat membuat ketupat lebih tahan lama dari yang biasanya saat disimpang.

Lihat Juga: Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Setelah Lebaran

Simpan Ke Dalam Kulkas

Jika setelah disajikan namun ketupat tidak segera habis disantap maka masukkan sisa ketupat ke dalam lemari pendingin. Hal ini tentu agar ketupat tidak cepat basi. Anda masih bisa memakannya ulang dalam waktu beberapa jam ke depan.

Ketika dihidangkan kembali, biarkan terlebih dahulu ketupat beberapa saat sampai dingin yang dari kulkas menghilang. Setelah itu kukus ulang ketupat selama kurang lebih setengah jam lalu tiriskan. Rasa ketupat masih akan tetap kenyal dan legit.

Menambahkan Sedikit Kapur Sirih

Proses ini harus dilakukan sebelum beras dimasukkan ke dalam sarang ketupat. Oleh karena itu menambahkan sedikit kapur sirih bertujuan supaya ketupat menjadi tidak cepat basi. Caranya anda tambahkan sedikit air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci atau dibersihkan.

Tambahkan Air Rebusan

Saat air rebusan ketupat tampak mulai berkurang maka tambahkanlah air panas. Dengan demikian ketupat tetap bersih sehingga tidak terkesan kotor. Hal ini mesti dilakukan saat proses memasak ketupat.

Add a Comment