Menkeu Menjawab Protes Anggota DPD Terkait Kartu Prakerja

menkeu Menjawab Protes Terkait Kartu Prakerja

PrimaBerita Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan atau Menkeu menjawab protes dari beberapa anggota Komite IV DPD terkait Program Kartu Prakerja. Program itu disebut tidak tepat dijalankan di tengah pandemi virus corona atau covid-19.

Beberapa anggota DPD itu mengeluhkan program Kartu Prakerja karena menurut pandangannya pemerintah perlu langsung memberi bantuan tunai ke masyarakat tanpa syarat pelatihan. Keluhan tersebut kemudian dirangkum untuk rapat virtual antara Kementerian Keuangan dan Komite IV DPD pada Jumat (8/5).

“Komite IV DPD mendorong agar Kementerian Keuangan dapat meninjau ulang kebijakan Kartu Prakerja, khususnya terkait alokasi anggaran pelatihan mengingat yang lebih dibutuhkan oleh masyarakat terdampak saat ini adalah bantuan tunai selama krisis berlangsung,” ungkap Ketua Komite IV DPD Elviana.

Menkeu Sri Mulyani menjawab protes terkait program kartu Prakerja, ia mengatakan pemerintah memang mau tidak mau tetap menjalankan Program Kartu Prakerja dengan skema pelatihan. Pasalnya, pemerintah sengaja merancang untuk penambahan kemampuan kerja masyarakat yang menjadi peserta.

“Seperti yang disampaikan, ini tujuannya untuk memperbaiki skill-nya di saat situasi Covid-19,” katanya.

Sementara soal bentuk pelatihan yang berupa konten video Youtube, ia mengatakan sebenarnya pemerintah sudah berupaya mengurasikan berbagai kebutuhan yang ada. “Ini untuk menambah pilihan,” tuturnya.

Kendati begitu, ia mengaku wajar bila program baru ini mendapat evaluasi dari masyarakat. Ia pun mengaku bakal memberikan tanggapan dari para anggota Komite IV DPD ke Manajer Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja.

Add a Comment