Ini Area Rumah Yang Tidak Boleh Lupa Untuk Dibersihkan

Area rumah tidak boleh lupa dibersihkan

PrimaBerita – Hidup higienis dan bebas penyakit sangatlah mudah jika kebersihan dalam diri dan rumah diterapkan. Selama pandemi corona ini, semua orang diminta untuk tetap di rumah agar terhindar dari virus. Untuk itu area rumah tertentu tidak boleh lupa dibersihkan.

Jika rumah tidak dibersihkan secara teratur, kotoran tentu menumpuk. Kuman, parasit, maupun virus akan tumbuh dan berlipat ganda sehingga berpotensi menyebarkan penyakit bagi penghuninya.

Virus dapat bertahan di rumah untuk waktu yang lama. Mereka bisa tinggal hingga 48 jam di permukaan kayu, delapan jam pada kain, dan 24-48 jam pada permukaan yang tidak berpori.

Berikut 5 area rumah yang tidak boleh lupa untuk dibersihkan

1. Kamar mandi

Jangan tunggu dinding dan lantai kamar mandi licin dan berkerak untuk dibersihkan. Bersihkan kamar mandi dua kali seminggu dengan memastikan menyikat lantai, wastafel, dan closet.

Kemudian kuras bak mandi, lap pancuran shower, mengganti dan mencuci handuk serta keset kamar mandi secara berkala, serta jangan lupa menabur kamper.

2. Dapur

Pembersihan yang harus dilakukan di dapur antara lain membersihkan tempat cuci piring, mengganti spon. Lalu bersihkan bangku dan permukaan meja dapur, membuang sampah, mencuci tempat sampah, mengelap kompor dan oven, menyortir isi kulkas, dan membuang sarang laba-laba.

3. Binatu

Binatu juga rentan menjadi tempat berkembang biak kuman karena cenderung lembap. Karenanya, jangan tinggalkan cucian di dalam mesin cuci. Tuntaskan aktivitas mencuci saat itu juga untuk menghindari pertembuhan kuman.

4. Ruang keluarga

Ruang keluarga wajib untuk dibersihkan. Bersihkan mulai dari telepon, meja, remote TV, knop pintu, pegangan tangga dengan tisu disinfektan.

5. Kamar tidur

Kamar yang kotor dan berdebu dapat mengiritasi sinus dan menyebabkan alergi, sementara kuman dan bakteri dapat menyebabkan penyakit. Lindungi kesehatan Anda dan keluarga dengan sering menyedot debu di kamar.

Kemudian hindari makan di kamar; buka jendela; mengganti seprai, menjemur bantal, guling, selimut, atau kasur di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Jika kamar dibiarkan kotor, serangga akan tertarik dan menjadi tempat tinggal ideal bagi tungau dan jamur.

Add a Comment