Hindari 6 Penyebab Mual Ini Saat Puasa, Bisa Berbahaya

Penyebab Mual saat Puasa

PrimaBeritaMual saat puasa sering dialami banyak orang tanpa tahu apa penyebab dan bahayanya bagi tubuh. Saat perut keroncongan di siang hari dan rasa haus juga sudah membuncah, kadang rasa mual timbul.

Penyebab mual tidak hanya karena makanan saja. Banyak faktor lain yang menyebabkan mengalami mual saat berpuasa.

Berikut 6 penyebab mual yang harus di hindari saat puasa

1. Menu Sahur yang Tidak Sehat

Perhatikan asupan nutrisi saat sahur. Bila salah memilih makanan, aktivitas seharian selama berpuasa dapat terganggu karena berbagai masalah kesehatan seperti mual.

Untuk itu, hindarilah makan makanan yang berminyak, terutama gorengan. Asupan protein, karbohidrat serta lemak yang kamu konsumsi harus seimbang.

2. Setelah Makan Sahur Langsung Tidur

Langsung tidur setelah sahur sudah banyak diketahui sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan saat puasa. Tidur dalam keadaan kenyang dapat mengakibatkan asam lambung naik dan memicu terjadinya heartburn yang tentunya berbahaya. Sebaiknya tunggu satu jam atau lebih sebelum tidur kembali, dan sebaiknya gunakan bantal yang lebih tinggi saat tidur agar asam lambung tidak naik.

3. Karena Kekenyangan Asam Lambung Naik

Tidur dalam keadaan kenyang menyebabkan asam lambung, hal ini nantinya memunculkan gejala mual pula. Trjadi karena kinerja sistem pencernaan menjadi berat karena langsung tidur setelah kekenyangan.

Karena sistem pencernaan tetap bekerja ketika terbangun dari tidur, maka hal itu menyebabkan tekanan pada dinding lambung yang menimbulkan rasa mual, bahkan muntah. Lebih berbahaya lagi, hal ini bisa menyebabkan sensasi terbakar yang disebut Hearttburn atau rekluks asam lambung.

4.  Kurang Minum Air Putih

Air putih dapat menjaga tubuh untuk terhindar dari dehidrasi di siang hari saat berpuasa. Kekurangan minum air putih dapat membuat tubuh mudah lelah dan kehilangan energi. Hal ini menyebabkan bagian bawah perut mengalami tekanan secara berulang dan akhirnya menimbulkan rasa mual.

5. Konsumsi Kafein

Minuman berkafein harus di hindari saat berpuasa agar tidak mengalami berbagai gangguan kesehatan. Konsumsi kafein dapat menyebabkan tubuh dehidrasi, mudah kehausan, mudah lelah dalam beraktivitas serta membuat asam lambung menjadi naik.

6. Stres

Sistem pencernaan mendapatkan tekanan berulang dan menyebabkan terasa tidak enak di ulu hati jika stres. Mengalami stress terus menerus selama bulan puasa dapat membuat perut ksong terasa lebih lapar dari biasanya, muncul rasa haus lebih cepat, hingga lambung nyeri secara berulang.

Ciri-ciri stress yang dapat mengancam kesehatan adalah perubahan perilaku hingga sulit tidur. Jadi cobalah hindari stress dengan selalu berpikiran positif dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bagimu.

Add a Comment