Gantikan Helmy Yahya, Sutradara Iman Brotoseno Jadi Dirut TVRI

sutradara Iman Brotoseno Dirut TVRI

PrimaBerita – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) akhirnya punya direktur utama (dirut) baru. Iman Brotoseno seorang sutradara itu akhirnya menduduki kursi Dirut TVRI.

Dewan Pengawas TVRI menunjuk sutradara iklan dan film layar lebar Iman Brotoseno menjadi dirut menggantikan Helmy Yahya.

Iman disebut telah lolos enam tahapan seleksi menjadi dirut baru TVRI. Ketua dewas TVRI Arief Hidayat Thamrin mengatakan akan menetapkannya malam ini.

“Sudah ditetapkan Dirut Pak Iman Brotoseno. Ditetapkannya tadi malam, pelantikan hari ini jam 11,” kata Ketua dewas TVRI Arief Hidayat Thamrin, Rabu (27/5/2020).

Iman rencananya dilantik dan diambil sumpah sebagai Dirut TVRI hari ini, Rabu (27/5), di Gedung Penunjang Operasional (GPO) TVRI, Senayan, Jakarta. Sumpah jabatan akan dipimpin langsung oleh Arief mulai pukul 11.00 WIB.

Nantinya yang akan melantik malam ini ialah dewas di gedung TVRI lantai 3. Perebutan kursi dirut TVRI ini penuh drama, buah konflik antara direksi dan dewas. Drama dimulai 4 Desember 2019 lalu saat Helmy Yahya dinonaktifkan dari jabatan dirut lewat SK Dewan Pengawas LPP TVRI Nomor 3 Tahun 2019.

Helmy digantikan sementara oleh Direktur Teknik LPP TVRI Supriyono sebagai Pelaksana Tugas Harian (Plt) Dirut LPP TVRI. Tidak terima dengan keputusan dewas, Helmy pun melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Ada beberapa alasan Dewas TVRI memberhentikan Helmy, dari soal penayangan Liga Inggris di TVRI hingga masalah anggaran. Helmy juga dituding menyampaikan narasi bahwa Dewan Pengawas melakukan pengawasan yang berlebihan kepada Dewan Direksi.

Add a Comment